3 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Akan Menikah dan Pengantin Baru

Ilustrasi mengurus keuangan dengan pasangan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Parenting – Kesiapan finansial atau keuangan merupakan hal penting dalam mempersiapkan pernikahan bagi pasangan muda. Pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan tidak hanya perlu menyiapkan biaya acara pernikahan, tetapi juga perlu menyiapkan biaya hidup pasca pernikahan. 

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Setelah menikah, selain tujuan keuangan yang mulai banyak, pengeluaran rutin pun akan bertambah. Jika dikategorikan berdasarkan rentang waktu kebutuhan, pengeluaran dalam hidup berumah tangga dapat dibagi menjadi dua, yakni pengeluaran jangka pendek dan pengeluaran jangka panjang. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Pengeluaran jangka pendek umumnya berupa biaya-biaya rutin konsumtif, seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, dan telepon/internet. Belum lagi jika ada biaya cicilan bulanan atas pembelian rumah atau kendaraan serta biaya asuransi kesehatan dan dana darurat. Pengeluaran jangka panjang umumnya berupa biaya-biaya yang akan dikeluarkan pada kurun waktu 5—10 tahun mendatang, tetapi perlu dipersiapkan sejak dini. 

MPMInsurance Ungkap Perlindungan Asuransi Kecelakaan yang Banyak Orang Belum Tahu

Misal, biaya pendidikan anak dan dana pensiun. Sebagian besar pasangan yang akan menikah pun kerap luput untuk mempersiapkan dana tabungan, investasi, ataupun asuransi—yang tanpa disadari akan berguna kalau-kalau hal buruk menimpa. 

Jika pengeluaran jangka panjang tidak disiapkan sedemikian rupa, hal tersebut dapat menjadi penyebab konflik paling utama dalam pernikahan. Berdasarkan hal-hal di atas, tak bisa dipungkiri, masalah ekonomi memiliki andil besar dalam kehidupan pernikahan. 

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Berdasarkan Data Badan Peradilan Agama 20211, sebanyak lebih dari 25% dari kasus perceraian di Indonesia terjadi karena masalah ekonomi yang tidak stabil. Ketidakmampuan masyarakat Indonesia dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga tersebut disebabkan oleh rendahnya tingkat literasi keuangan, khususnya dalam mengelola atau merencanakan keuangan pasca pernikahan.

Dalam Studi Pasangan & Uang kami baru-baru ini, Fidelity meminta pasangan mapan saran mereka untuk pengantin baru untuk menyiapkan diri mereka untuk kesuksesan finansial. Dua  saran teratas mereka? Hindari jumlah hutang yang tidak terkendali dan dapatkan tabungan awal untuk masa pensiun.*

Saran teratas dari pasangan mapan hingga pengantin baru Ketika pembatasan COVID-19 terangkat dan kita semua mulai menebus waktu yang hilang, banyak pasangan akan mengikat ikatan keuangan lebih dekat dan memulai kehidupan pernikahan bersama. Selain menghasilkan uang yang cerdas, penting untuk memulai kemitraan baru dengan jalur komunikasi yang sehat dan rasa kepemilikan bersama atas masa depan keuangan Anda bersama.

"Jangan biarkan ketidaksepakatan tentang pengeluaran atau sikap yang berbeda tentang uang menggagalkan kebahagiaan pengantin baru Anda," kata Ann Dowd, CFP®, wakil presiden di Fidelity. "Mengakui bahwa Anda adalah mitra dalam perencanaan keuangan, dan mengambil kemitraan itu dengan serius."

Berikut adalah tiga  cara pengantin baru dapat membantu mengatur keuangan mereka untuk kesuksesan seumur hidup, dilansir dari fidelity. 

Ilustrasi pernikahan/pre-wedding.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

1. Tetapkan tujuan

Luangkan waktu untuk memikirkan masa depan Anda dan tetapkan beberapa tujuan keuangan bersama, apakah membeli rumah, melakukan perjalanan seumur hidup, atau merencanakan pensiun. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mencocokkan investasi Anda dengan tujuan Anda. 

2. Terorganisir

Banyak dari apa yang dilakukan pasangan bersama-sama bermuara pada dolar dan sen. Untuk membuat keuangan Anda sehari-hari berjalan lebih lancar, ada baiknya Anda mengaturnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya.

Setelah keuangan Anda dalam keadaan baik, cobalah untuk tetap seperti itu dengan check-in rutin. Pertimbangkan untuk memiliki tanggal keuangan yang teratur untuk meninjau arus kas rumah tangga Anda dan pastikan Anda tetap berpegang pada anggaran, serta tetap di atas item lain dalam daftar tugas keuangan Anda. 

3. Lindungi yang paling penting

Ketika Anda menikah, penting untuk meninjau, memperbarui, dan dalam beberapa kasus membeli berbagai jenis asuransi. Berikut adalah beberapa jenis yang perlu dipertimbangkan, asuransi kesehatan. Periksa apakah Anda dapat menghemat dengan mendapatkan pertanggungan di bawah rencana yang sama.

Diskusi uang tidak selalu mudah bagi pengantin baru. Tetapi, seperti halnya masalah pernikahan lainnya, yang terbaik adalah mendekati mereka dengan pikiran terbuka dan sebagai sebuah tim. Semakin serius Anda bekerja sama dalam masalah uang, semakin banyak keharmonisan finansial yang akan Anda pertahankan dalam hidup Anda bersama.

Oleh karena itu, untuk membantu para pasangan muda menyiapkan perencanaan keuangan yang baik jelang memasuki kehidupan pernikahan, Great Eastern Life Indonesia bersama Bank OCBC NISP menyelenggarakan Financial Fitness Classes dengan tema Siap Nikah dengan Modal Investasi: Reach for Great New Chapter of Life.

Kelas tersebut diadakan pada Sabtu, 12 November 2022, pukul 16.00—17.30 WIB, di The Cove, PIK, Jakarta (Main Stage Cuan Town Festival). Kelas yang diselenggarakan gratis untuk publik ini menghadirkan tiga narasumber, Merry Riana (Nyala Coach), Ario Pratomo (Nyala Coach) dan Peter Hermawan (Head of Centre for Excellence Great Eastern Life Indonesia)

Ketiga narasumber tersebut membahas pentingnya kesiapan finansial dalam mewujudkan pernikahan impian. Secara spesifik, Ario Pratomo dan Merry Riana membagikan cara membuat perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang serta cara menghadapi isu/masalah yang kerap muncul jelang pernikahan dan setelah pernikahan.

Terakhir, Peter Hermawan memberikan informasi pilihan produk proteksi untuk perlindungan kesehatan dan keuangan sebelum dan setelah menikah. GREAT Optimal Link dengan asuransi tambahan GREAT Health Cover menjadi salah satu rekomendasi solusi perlindungan yang lengkap untuk para pasangan muda yang sedang mempersiapkan pernikahan. 

Tidak hanya memberikan proteksi jiwa, produk tersebut juga memberikan perlindungan dari berbagai risiko kesehatan yang tidak terduga yang dapat terjadi ketika melakukan persiapan pernikahan. 

“Tentunya kita tidak mau kalau dana yang telah dikumpulkan untuk mewujudkan pernikahan impian, malah terpakai untuk biaya pengobatan karena terjadinya risiko kesehatan yang tidak terduga," ujar Peter Hermawan.

Selain itu, produk proteksi lainnya yang menjadi rekomendasi adalah GREAT Prestige Protector—produk asuransi jiwa yang baru saja diluncurkan juga menjadi rekomendasi solusi perlindungan untuk para pasangan yang sedang merencanakan kehidupan pernikahan. 

Hanya dengan satu kali pembayaran Premi, produk tersebut memberikan jaminan perlindungan diri dan jaminan imbal hasil yang tetap selama 10 tahun. Dengan adanya jaminan-jaminan tersebut, risiko berupa permasalahan ekonomi yang mungkin muncul dalam kehidupan pernikahan dapat ditangani sejak dini.

Great Eastern Life Indonesia berharap kelas ini dapat meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia yang hendak membuat perencanaan keuangan jelang memasuki babak baru dalam kehidupan. 

Dengan memiliki kesiapan finansial yang baik, tentunya masyarakat Indonesia dapat mewujudkan pernikahan impian tanpa terkendala biaya, menjalankan hidup berumah tangga dengan tenang, lalu bebas melangkah meraih
berbagai aspirasi, dan jadi hebat, Reach for Great.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya