Membangun Masyarakat Sehat Lewat Akses Air Bersih di Desa Ciapus

Pembangunan akses air bersih di Desa Ciapus, Bandung.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Sekitar 18 juta orang Indonesia kekurangan air bersih dan 20 juta kekurangan akses ke fasilitas sanitasi yang lebih baik. Melihat kondisi tersebut, Guardian, ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuka dari PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), mengedukasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, sekaligus membangun fasilitas akses air bersih di Desa Ciapus, Bandung.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Save the Children Indonesia, organisasi non-pemerintah yang peduli terhadap anak-anak seluruh dunia. Program ini sejalan dengan program global “Keeping Kids Clean & Happy” yang dilakukan secara serentak di beberapa negara lainnya.

Peresmian pembangunan akses air bersih dilakukan pada 29 November 2022 di Desa Ciapus, Bandung dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Sumiarso, MAP, Director of Guardian Indonesia, Naresh Kalani, dan Direktur Advocacy Communication Campaign Media & Marketing Communications Save the Children Indonesia, Troy Pantouw.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Pembangunan akses air bersih di Desa Ciapus, Bandung.

Photo :
  • Istimewa

“Untuk menggambarkan keadaan kesehatan suatu lingkungan, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah memiliki akses air bersih dan sarana sanitasi dasar. Kabupaten Bandung telah mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan dari pemerintah, berupa penerapan program strategis untuk mendapatkan sanitasi dasar yang layak di Bandung. Program tersebut fokus pada 5 pilar yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS); Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS); Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga (PAM-RT); Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT); serta Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT),” ujar Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Sumiarso, MAP. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

“Dalam pelaksanaannya tentu membutuhkan fasilitas air bersih agar kegiatan sanitasi dasar masyarakat berjalan dengan baik. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung membuka kemitraan strategis dengan mitra swasta, dalam hal ini Guardian. Dukungan, komitmen, kolaborasi, dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, akademisi, komunitas dan swasta diperlukan untuk mewujudkan sanitasi dasar yang layak untuk semua lapisan masyarakat di Bandung,” lanjut Sumiarso.

Pembangunan fasilitas air bersih yang diinisiasi oleh Guardian merupakan bagian dari kampanye global “Keeping Kids Clean & Healthy” yang bertujuan untuk memberikan akses air bersih ke daerah-daerah yang memiliki keterbatasan fasilitas sanitasi. Kampanye ini juga memiliki berbagai program kebersihan dan kesehatan untuk anak-anak. 

“Kami memahami bahwa ketersediaan air bersih berperan penting untuk kelangsungan hidup manusia, peningkatan kualitas hidup hingga kesehatan. Di Indonesia, Kampanye “Keeping Kids Clean & Healthy” diimplementasikan dengan menyediakan fasilitas air bersih di Desa Ciapus, Bandung. Berkolaborasi dengan organisasi non pemerintah, Save the Children Indonesia, kami memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi masyarakat termasuk anak-anak di daerah ini. Pembangunan fasilitas air bersih dilakukan di tempat paling strategis dan dekat dengan fasilitas umum sehingga mudah diakses setiap masyarakat di wilayah tersebut,” kata Director of Guardian Indonesia, Naresh Kalani, dalam keterangan persnya.

Direktur Advocacy Communication Campaign Media & Marketing Communications Save the Children Indonesia, Troy Pantouw mengatakan, “Bagi anak-anak, sanitasi yang baik merupakan pendukung yang penting bagi aktivitas tumbuh kembang anak. Dalam masa pertumbuhan, tentu anak-anak aktif mengeksplorasi, sehingga selama dan setelah beraktivitas membutuhkan air bersih untuk memastikan mereka memiliki perlengkapan kebersihan pribadi yang baik. Ketersediaan infrastruktur untuk penyediaan air dan sanitasi yang memadai juga dapat mengurangi risiko penyakit terkait sanitasi seperti diare dan konsekuensi kesehatan lainnya yang merugikan. Sebagai lembaga yang fokus pada anak-anak, kami sangat mengapresiasi dukungan Guardian Indonesia dan berharap kolaborasi ini memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anak.”

“Pembangunan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Guardian layaknya tetangga yang baik bagi masyarakat. Kami berharap pembangunan ini mampu menginspirasi masyarakat untuk hidup lebih bersih dan sehat,” tutup Naresh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya