Imbas Resesi Seks, 5 Negara di Dunia Ini Dihantui Krisis Populasi

Ilustrasi keluarga
Ilustrasi keluarga
Sumber :
  • Pixabay/Denise Husted

VIVA Lifestyle – Seiring berjalannya waktu semakin banyak negara yang mengalami penurunan populasi lantaran warganya menolak untuk memiliki keturunan. Resesi seks ini mengacu pada risiko krisis demografis lantaran banyak wanita yang berhenti melahirkan. Kondisi ini bahkan terjadi di beberapa negara di dunia, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Korea Selatan

Kota terapung di Busan, Korea Selatan

Kota terapung di Busan, Korea Selatan

Photo :
  • Insider

Pada 2021, menurut data pemerintah Korea Selatan mencatat tingkat kesuburan hanya mencapai 0,81 persen. Padahal, idealnya sebuah negara harus mempunyai tingkat kesuburan 2,1 persen untuk menjaga populasi. Bukan hanya itu, Negeri Ginseng itu saat ini makin banyak anak muda yang tak mau menikah dan wanita tidak mau untuk hamil. 

Tak ada angka resmi berapa banyak warga Korea Selatan yang tidak mau menikah atau memiliki anak. Tapi, menurut badan statistik nasional tahun 2020 memperlihatkan hanya ada 193 ribu pernikahan di negara itu. Angka ini mengalami penurunan dari tahun 1996 yaitu 430 ribu. Data bayi lahir juga hanya sekitar 260.600 dari puncaknya pada 1971 sekira 1 juta bayi. 

2. China

Halaman Selanjutnya
img_title