3 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Freepik/wirestock

VIVA Lifestyle – Selain pergi liburan, salah satu cara yang bisa membantu untuk mengatasi kepenatan dan tres bisa dengan mendengarkan musik sambil berjoget bersama teman-teman di club.  Musik dapat secara signifikan meningkatkan mood Anda, mengurangi kecemasan dan rasa sakit, dan bahkan memfasilitasi banyak kesempatan untuk ekspresi emosional. 

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

Selain itu, beberapa penelitian juga menyoroti manfaat kesehatan yang terkait dengan musik. Dilansir dari laman hometownstation, berikut manfaat dari mendengarkan musik.

Meningkatkan daya ingat 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Menurut penelitian, mendengarkan elemen dan ritme melodi yang berulang membantu otak manusia membentuk pola yang sangat meningkatkan daya ingat. Musik juga memungkinkan penderita stroke dalam sebuah penelitian untuk mengalami lebih sedikit kebingungan, lebih banyak memori verbal, dan perhatian yang lebih terfokus.

Membangkitkan mood

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Musik secara alami merangsang produksi dopamin otak manusia, hormon 'bahagia'. Ini terjadi karena musik diproses langsung oleh amigdala, bagian otak manusia yang berhubungan dengan emosi dan suasana hati. Peningkatan produksi hormon ini membantu meringankan depresi dan kecemasan.

Mengurangi kelelahan

Musik yang menenangkan membantu mengurangi kelelahan sekaligus menjaga stamina otot saat orang melakukan olahraga atau pekerjaan yang membosankan. Selain itu, terapi musik telah membantu mengurangi kelelahan pada orang yang menjalani perawatan kanker.

Pasca pandemi, club musik pun mulai kembali dibuka, salah satunya Valhalla. Super club berstandar internasional pertama di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, ini baru saja menggelar grand opening yang bertajuk ‘Valhalla is Calling Me’, dan mendatangkan sejumlah (DJ) ternama seperti, Will Spark, DJ INC, DJ Orjan Nilsen dan DJ Echobee Mc Bad yang tampil memeriahkan acara. Scroll untuk simak artikel selengkapnya. 

Tak hanya mengkombinasikan DJ Lokal, dan Internasional saja. Demi mendukung industri musik EDM (Electronic Dance Music) Tanah Air, acara ini juga turut dimeriahkan oleh resident DJ Valhalla yang tak kalah hebat. Tiap bulannya, Valhalla juga rutin mengundang DJ kebanggaan Indonesia.

“Produk unggulan dari sisi entertainment kita menyiapkan DJ nasional yang hebat-hebat, anak-anak bangsa dari yang baru merintis karier hingga telah memiliki segudang bakat,” kata Owner & CMO Valhalla Jakarta, William Ernest Silanoe. 

Sementara itu Dylan, manager Will Spark mengatakan genre yang dibawakan ada techno, ada EDM, trance juga sesuai tradisi yang ada di Valhalla. 

Melalui sang manager, Will Sparks mengaku mendapat sambutan yang hangat di Jakarta, sehingga tak menutup kemungkinan ke depannya bisa kembali hadir.

"Jadi kita start sebenarnya sebelum pandemi (awal 2020), tapi 2020 kan PSBB menghentikan kegiatan ekonomi di night club. Akhirnya kita dapat signal bisa beroperasi lagi. Akhirnya kita melanjutkan lagi," kata William Ernest.

Valhalla memiliki kapasitas hingga 600 pengunjung. Selain itu, Valhalla membuat desain bangunan dengan langit-langit yang tinggi, sehingga memiliki kualitas sirkulasi udara yang mutunya terjamin. 

Mixologist

Tak lengkap rasanya berpesta tanpa didampingi minuman yang nikmat, Valhalla juga menyediakan ahli mixologist yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Berbagai sajian yang ada di Valhalla sendiri dibuat oleh mixologist Mantheus.

“Kalian dapat menemukan menu koktail unik khas Valhalla yang sensasinya tak akan ditemukan di klub lain, rekomendasi menu koktail pilihan kami, yakni: Valhalla Cloud, Floki Fluss, dan Ragnarok,” ujar William Ernest.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya