Iriana Jokowi Pecahkan Kendi di Acara Siraman Kaesang Pangarep, Apa Maknanya?

Prosesi siraman Kaesang Pangarep jelang pernikahan
Sumber :
  • Laily Rachev

VIVA Lifestyle – Kaesang Pangarep telah menjalankan prosesi siraman pada Jumat 9 Desember 2022 sebelum akad nikah dengan sang kekasih Erina Gudono keesokan harinya, Sabtu 10 Desember 2022. 

Sespri Iriana Jokowi Sendi Fardiansyah Rangkul Ormas di Bulan Ramadhan, Ada Apa?

Prosesi siraman Kaesang berlangsung di kediamannya di Kota Solo dan dihadiri oleh anggota keluarga dan kerabat dekat. Dalam acara tersebut, keluarga Presiden Joko Widodo kompak mengenakan seragam bernuansa fuschia. Scroll untuk info selengkapnya.

Prosesi siraman Kaesang berjalan dengan lancar, di mana sang calon mempelai pria disiram menggunakan air kembang oleh seluruh anggota keluarganya. Setelah siraman, Kaesang juga membilas wajah dan tubuhnya dengan air di sebuah kendi. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan dirinya jelang pernikahan yang sudah di depan mata.

Muhadjir Effendy Sebut Kunker dan Bertemu Langsung Masyarakat Itu Pola Kepemimpinan Jokowi

Kemudian, kendi tersebut dipecahkan oleh Ibu Iriana Jokowi sebagai orangtua dari mempelai pria. Tradisi itu disebut dengan pecah kendi yang tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian pernikahan adat Jawa.

Hadir di Sidang Sengketa Pilpres 2024, Airlangga Hartarto Jelaskan Arahan Jokowi

Pecah kendi biasanya dilaksanakan pada saat selesai siraman dan menuju kamar rias pengantin. Merangkum dari berbagai sumber, pecah kendi dilakukan oleh ibu dari calon mempelai. 

Tujuan dan makna dari tradisi pecah kendi tersebut adalah untuk membuka pintu rezeki kedua pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Di mana ada harapan dan permohonan doa untuk kelancaran rezeki maupun usaha yang akan mereka lakukan dalam mengais rezeki selama hidup bersama. 

Tradisi ini biasanya dilakukan oleh anak pertama dan dengan kesepakatan bersama, dan apabila pada anak pertama sudah melaksanakan tradisi tersebut maka anak terakhir wajib juga melaksanakannya. 

Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Pecah Kendi dapat dijadikan sebagai acuan agar dapat menjaga tradisi dan kebudayaan yang telah ada begitu juga dengan generasi mendatang dapat mengetahui tradisi yang mereka miliki serta sebagai acuan dalam kehidupan dunia dan akhirat dalam memohon sesuatu kepada Tuhan yang Maha Esa.

Setelah menyelesaikan proses siraman, Kaesang Pangarep mengaku bahagia sekaligus terharu menjalani berbagai persiapan jelang pernikahannya itu.

Keterangan pers Presiden Jokowi usai proses siraman menjelang pernikahan Kaesang

Photo :
  • Muchlis Jr.

"(perasaannya) bahagia dan nangis banget," ujar Kaesang kepada wartawan, di Kota Solo, Jumat 9 Desember 2022.

Presiden Jokowi juga menambahkan bahwa prosesi siraman itu berjalan penuh haru di mana Ibu Iriana yang terlebih dahulu tak kuasa menahan air matanya.

"Tadi bu Iriana dulu yang nangis, mas Kaesang ikut nangis," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya