Tradisi Tompo Koyo hingga Dahar Klimah, Prosesi Adat yang Akan Dijalani Erina dan Kaesang

Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :

VIVA Lifestyle – Putra bungsu Presiden Joko Widodo diketahui akan melepas masa lajangnya hari ini Sabtu 10 Desember 2022. Siang ini, Kaesang akan melangsungkan akad nikah dengan Erina Gudono pada pukul 12.00 di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman Yogyakarta.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Jelang prosesi akad nikah, Kaesang dan Erina yang merupakan orang Jawa akan melaksanakan sejumlah rangkaian adat. Lantas apa saja rangkaian adat yang akan dilaksanakan Kaesang dan Erina? Cari tahu penjelasannya dalam artikel ini.

Praktisi Budaya Jawa, Angger Sukisno menjelaskan dalam rangkaian pernikahan adat Yogyakarta prosesi akan dimulai dari saat penyerahan pisang sanggan. Sanggan diberikan pihak mempelai pria kepada kedua orangtua mempelai wanita sebagai bentuk tebusan putri mereka.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

"Penyerahan pisang sanggan itu sanggan pengantin pria dan wanita akan bertemu di bawah gapura kemudian melempar sirih dan sebagainya. Semuanya bermakna filosofi adalah untuk kebahagiaan kedua mempelai ketika memasuki dunia baru," kata dia dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi TVOne, Sabtu 10 Desember 2022.

Kaesang minum air zamzam dalam prosesi midodareni

Photo :
  • YouTube Presiden Joko Widodo
Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Selain itu, ada juga prosesi Tompo Koyo yang akan dijalani para pengantin. Dimana Koyo, kata Angger bermakna nafkah lahir dan batin. Tompo Koyo merupakan bentuk tanggung jawab pria kepada istri dengan memberikan semua lambang kekayaan di situ ada uang receh, ada beras, dan sebagainya.

"Orang Jawa menyebutnya pari kawa, jagung kawa. Kawa artinya sudah siap ditanam lagi ada biji padi, ada biji-biji palawija, sebagai lambang kekayaan untuk diberikan kepada pengantin wanita dan keluarganya. Nanti si wanita dibungkus kelak di kemudian hari di keluarga barunya bisa 'gemi' atau bijaksana dalam mengelola uang," tutur Angger.

Nantinya Kaesang dan Erina seperti para pengantin Jawa akan menjalani prosesi dahar klimah merupakan prosesi pernikahan dimana sang pengantin saling menyuapi satu sama lain.

"Sebenarnya orang Jawa memaknai klima adalah kalimah yang tak lain kalimah tauhid. Kalimat tauhid, yang sejatinya, untuk ungkapan memberikan nafkah oleh pria. Pengantin Yogyakarta wanita yang makan," kata dia.

Sebagai informasi, siang ini Kaesang dan Erina akan menggelar akad nikah. Dalam akad nikah itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah dari Kaesang. Sementara Mensesneg Pratikno akan menjadi saksi Erina.

Menko PMK Muhadjir Effendy, kakak Kaesang Gibran Rakabuming Raka, kakak ipar Kaesang Bobby Nasution didapuk menjadi juru bicara pasrah, di mana Kaesang akan diserahkan untuk menjalani prosesi akad nikah tersebut.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memberikan khotbah dan doa nikah untuk Kaesang dan Erina. Usai akad nikah nanti, Kaesang dan Erina juga akan menggelar kirab dan tasyakuran. Kirab dan tasyakuran akan digelar di Solo, Jawa Tengah besok, Minggu 11 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya