Menilik Evolusi Komunikasi, Makin Canggihnya Gaya Interaksi Virtual

Ilustrasi mengganti bertemu fisik dengan pertemuan virtual
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Berkembangnya teknologi dan kondisi dewasa ini mengubah berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya ialah kebiasaan dalam melakukan pertemuan bisnis, kelas perkuliahan atau kegiatan presentasi dan sejenisnya.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Sedianya aktivitas-aktivitas tersebut dilakukan secara tatap muka, namun saat ini semua orang berusaha untuk mewujudkan telekomunikasi suara dengan kualitas sebaik-baiknya untuk pertemuan virtual ataupun hybrid yang merupakan gabungan dari pertemuan tatap muka dan virtual.

Saat ini, kebutuhan akan peralatan yang menunjang kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu syarat penting untuk pengadaan peralatan di berbagai fasilitas meeting dan konferensi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Hadapi Tantangan Melalui Inovasi

Tak dipungkiri bahwa hantaman COVID-19 menjadikan semua proses evolusi solusi komunikasi menjadi lebih cepat, karena semua orang berlomba untuk mencari solusi terbaik untuk kebutuhan akan hal tersebut.

Fenomena itu pun tak ayal mendorong hadirnya solusi komunikasi suara untuk mendukung kebutuhan pertemuan, presentasi dan konferensi di gedung perkantoran, pusat pendidikan, dan berbagai tempat dimana kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan.

Unik, Pameran Ini Mendukung Pertumbuhan Berkelanjutan Sektor UMKM

“Dewasa ini kebutuhan akan berbagai perangkat pendukung dalam menunjang kemudahan aktivitas berkomunikasi, terlebih dalam keperluan bisnis tentunya talah jadi hal yang sangat diperlukan guna menjadi solusi berbagai aspek memperlancar pola interaksi, termasuk juga dengan konsep virtual,” ujar Arie, salah seorang karyawan swasta di sebuah kawasan perkantoran.

Yamaha sebagai perusahaan yang selalu terdepan dalam teknologi, pada tanggal 8 Desember 2022, bertempat di Yamaha Music Center Building - Jakarta, PT. Yamaha Musik Indonesia Distributor memperkenalkan lini produk Yamaha Unified Communications (Yamaha UC) sebagai langkah untuk menjawab tantangan tentang solusi komunikasi suara untuk mendukung berbagai kebutuhan.

Langkah ini pun menunjukan bentuk keseriusan Yamaha untuk memberikan solusi di pasar ini, ditunjukkan dengan akusisi perusahaan pembuat peralatan komunikasi yang telah dikenal dan diakui seluruh dunia untuk produk solusi komunikasi Revolabs yang sekarang bertransformasi menjadi Yamaha UC.

Hal itu bertujuan untuk memberikan solusi yang lebih baik bagi para pengguna, tidak hanya melanjutkan pembuatan peralatan yang telah diperkenalkan Revolabs saja, namun juga memasukkan unsur yang didapat dari pengalaman Yamaha dalam membuat peralatan audio berkualitas, serta keahlian di bidang Pemrosesan Signal Digital.

Dan Yamaha juga merupakan salah satu yang telah melihat potensi dari kebutuhan akan produk jenis tersebut sejak lama, dimana pada tahun 2006 lalu Yamaha memperkenalkan produk Unified Communication yang pertama yaitu ProjectPhone PJP100.

Produk tersebut yang merupakan solusi konferensi yang memiliki teknologi mutakhir pada masanya, setelah itu setiap produk yang diperkenalkan sangat diterima oleh para pengguna bahkan menjadi solusi terutama di pasar solusi konferensi di Jepang.

Tingginya minat akan produk Yamaha Unified Communications di Pasar Global termasuk pasar Indonesia memantapkan langkah PT Yamaha Musik Indonesia Distributor untuk memulai perkenalan untuk jajaran produk-produk dalam kategori tersebut.

Yamaha tentunya memiliki prinsip dasar dalam membuat setiap peralatan dengan pemikiran yang tidak hanya mengedepankan kemudahan pembuatan saja, tetapi juga memikirkan bagaimana saat produk tersebut digunakan.

Menghasilkan kualitas suara terbaik merupakan pertimbangan yang terutama, diteruskan dengan seberapa mudah sebuah produk digunakan, seberapa berguna fungsi dan fasilitas yang diterapkan untuk target market dari masing-masing produk dan tentunya kualitas ketahanan sebuah peralatan yang dibuat juga menjadi pertimbangan penting.

Untuk mengakomodir ragam kebutuhan dan kapasitas konferensi, terdapat 2 jenis produk yang diperkenalkan untuk pasar indonesia saat ini yaitu solusi “Plug and Play".

Produk tersebut terdiri dari 3 model speakerphone YVC-200, YVC-330, YVC-1000 dan solusi “Installed” tersedia ADECIA untuk kebutuhan instalasi di ruangan konferensi yang terdiri dari Processor Konferensi (RM-CR), Ceiling Array Microphone (RM-CG), Table Top Array Microphone (RM-TT).

Semua komponen dalam solusi ADECIA merupakan produk yang mensupport suplai daya melalui PoE+(Power over Ethernet) dan compatible dengan protokol Dante Audio Networking. YVC-1000 dan solusi ADECIA telah mendapatkan sertifikasi dari Microsoft Teams.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya