Mitos Bunga Matahari, Jelmaan Peri Cantik Patah Hati hingga Selalu Menghadap ke Arah Matahari

Warga berswa foto di kebun tanaman bunga matahari yang menjadi tempat wisata dadakan untuk masyarakat di Cipondoh, Tangerang, Banten, Kamis, 3 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA Lifestyle – Apa yang ada di bayangan Anda jika berbicara bunga matahari? Bunga matahari sendiri merupakan salah satu jenis tanaman  yang paling mampu meningkatkan suasana hati saat kita berada di taman! Mengapa? 

5 Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun, Bisa Jadi Pupuk Organik

Hal tersebut karena mereka berwarna cerah, besar, dan menarik bagi semua jenis penyerbuk, membawa makhluk ramah ke kebun Anda dan membantu lingkungan sekitar.

Selain itu, bunga matahari identik dengan keindahannya yang sangat menawan dan memesona. Bisa dibilang, tanaman satu ini begitu banyak ditanam orang bukan saja karena sedap dipandang mata, tapi banyak yang percaya kalau bunga tersebut bisa mendatangkan keberuntungan. Benarkah demikian?

Lewat BRInita, Kampung Hijau Kemuning Tangerang Sulap Lahan Sempit Jadi Makin Produktif

Bunga matahari.

Photo :
  • U-Report

Namun tahukah Anda, ternyata dibalik cantiknya bunga matahari terdapat mitos-mitos unik yang mungkin jarang orang ketahui tentangnya. Seperti mitos tentang adanya cinta mati di balik bunga matahari tersebut. Di mana ada kisah seorang wanita di balik indahnya bunga matahari.

Ini Dia 9 Tips Mudah Memulai Berkebun di Rumah

Dia patah hati dan kesetiaan seorang wanita pada pria yang dicintainya. Dalam mitos tersebut terungkap jugam alasan mengapa bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Penasaran bukan? Yuk simak sederet mitos unik yang perlu Anda ketahui tentang bunga matahari, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Mitos Bunga Matahari

Melansir dari laman Instagram @indozone.id, membagikan sebuah mitos unik dari bunga matahari yang mungkin sebelumnya tidak pernah kita ketahui sama sekal.

Kebun Bunga Matahari Kediri

Photo :
  • Instagram @sunflower_kediri

Bunga Matahari Jelmaan Peri hingga Selalu Menghadap ke Arah Matahari. Benarkah Demikian?

Dalam mitologi Yunani, ternyata bunga matahari ini diyakini sebagai jelmaan dari sosok nimfa. Tahukah Anda nimfa? Nimfa sendiri merupakan salah satu makhluk legendaris berwujud wanita. Dimana mereka sering diidentikkan dengan peri ataupun bidadari yang tinggal di tempat-tempat tertentu seperti contohnya di alam-alam bebas, seperti sungai dan lainnya.

Dikisahkan, salah satu nimfa yakni peri air yang bernama Clytie jatuh cinta pada dewa matahari yang bernama Helios. Selama berhari-hari, Helios terus menjelajah angkasa dengan gagahnya namun tanpa mempedulikan Clytie yang selalu memperhatikannya dari pagi, siang, hingga malam hari.

Cinta dan kesetiaan Clytie terbukti dari sosoknya yang tak pernah berpindah tempat dari pagi hingga malam, hanya untuk bisa terus memandang Helios dan tak ingin berpaling darinya. Clytie terus menunggu, lagi dan lagi, agar dapat memandang Helios yang selalu menjelajah angkasa.

Bahkan sampai delapan hari Clytie terus melakukan hal itu, dan selama itu pula dirinya pun sama sekali tidak makan maupun minum. Bahkan, tak sedikit pun dirinya meluangkan waktunya untuk tidur. 

Clytie hanya ingin Helios tahu dan mengerti akan cintanya yang tulus. Sayang, Helios tak pernah menyadari akan hal itu. Sedikit pun Helios tak pernah menoleh dan tak juga tahu keberadaan Clytie. 

Keajaiban tiba-tiba terjadi pada hari kesembilan. Akar mulai tumbuh di kaki Clytie. Tubuhnya pun berubah menjadi batang pohon dan kecantikan wajahnya menjelma menjadi bunga cantik yang selalu menghadap ke arah matahari.

Nah di atas merupakan mitos yang berseliweran terkait dibalik indahnya bunga matahari yang sebelumnya mungkin tidak pernah ketahui sebelumnya. Selain mitos, kami juga akan membagikan sedikit fakta dari bunga matahari yang sayang untuk Anda lewati begitu saja.

Fakta Bunga Matahari

Taman bunga matahari Akeno Himawari Batake

Photo :
  • zekkeijapan.com

Tak hanya indah dan sedap dipandang mata, nyatanya bunga matahari menyimpan sederet fakta yang perlu Anda ketahui. Berikut ini sudah kami kumpulkan sederet fakta yang sudah kami rangkum dari facts.net.

Beberapa orang takut dengan bunga matahari

Meskipun bunga matahari adalah simbol kepositifan, beberapa orang takut atau memiliki ketakutan irasional terhadapnya. Takut pada bunga matahari disebut Helianthophobia. Ini mungkin terdengar aneh bagi sebagian orang yang mengagumi keindahan bunga matahari, tetapi alasan utamanya adalah tampilannya, baunya, atau bahkan hanya pemikirannya.

Minyak bunga matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik

Beberapa orang tidak mendapatkan cukup sinar matahari yang mereka butuhkan karena sifat pekerjaan atau lingkungan mereka. Minyak bunga matahari merupakan sumber vitamin D yang sangat baik, serta vitamin A, E, fosfor, magnesium, selenium, tembaga, dan besi. Mengambil minyak bunga matahari sebagai suplemen makanan dapat membantu mengatasi kekurangan.

Bunga matahari melambangkan kepositifan

Bunga telah menginspirasi manusia sepanjang sejarah dan memesona kesadaran mereka dalam banyak hal. Karena itu, bunga matahari secara tradisional melambangkan kehidupan, kegembiraan, kesetiaan, serta umur panjang.

Anda bisa membuat olesan dari bunga matahari

SunButter adalah alternatif selai kacang yang terbuat dari biji bunga matahari. Salah satu produsen SunButter terbesar adalah SunGold Foods, Inc. dari Fargo, North Dakota , Amerika Serikat.

Bunga Matahari Bisa Dimakan

Bunga matahari benar-benar aman untuk dimakan dari akarnya hingga kelopaknya. Meskipun mereka tidak menawarkan rasa bunga terbaik di luar sana, rasa pahitnya menambah rasa dan meningkatkan warna pada hidangan mentah seperti salad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya