Studi: Pria Dengan Libido Rendah Lebih Mungkin Mengalami Kematian Dini

Ilustrasi pria sedih.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One menunjukkan bahwa pria dengan libido rendah hampir dua kali lipat (1,82 kali) akan lebih mungkin mengalami kematian dini.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Para peneliti dari Universitas Yamagata mempelajari lebih dari 20.000 orang, dengan sampel 8.558 laki-laki dan 12.411 perempuan di Jepang selama lebih dari satu dekade, untuk meneliti hubungan antara minat seksual dan kematian "semua penyebab", termasuk kardiovaskular dan kanker.

Studi yang menganalisis catatan medis dan tanggapan survei, dianggap sebagai yang pertama mempelajari hubungan antara libido dan kematian.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Ilustrasi seks/bercinta.

Photo :
  • Freepik/jcomp

“Meskipun aktivitas seksual dan kepuasan seksual dianggap bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan psikologis pada kelompok yang lebih tua, hubungan antara minat seksual dan umur panjang belum diselidiki,” kata penulis penelitian tersebut, melansir New York Post

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Para peserta diminta untuk menyelesaikan survei minat seksual selama check-in kesehatan. Mereka yang melaporkan kurangnya minat seksual cenderung lebih tua, cenderung minum lebih banyak, menderita diabetes, lebih sedikit tertawa, memiliki beberapa variasi tekanan psikologis dan mencapai tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria di atas usia 40 tahun yang memiliki libido rendah 1,94 kali lebih mungkin meninggal akibat kanker dan 1,36 kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung.

Depresi.

Photo :
  • U-Report

Pria dengan dorongan seks yang lebih rendah juga melaporkan kekurangan ikigai, istilah Jepang untuk alasan memiliki kehidupan yang layak dijalani, kualitas yang mungkin digambarkan oleh beberapa orang sebagai "semangat hidup".

Para ilmuwan percaya bahwa dorongan seks pria berkurang karena kebiasaan gaya hidup yang buruk.

"Berdasarkan hasil ini, kami berspekulasi bahwa mempertahankan minat seksual mungkin terkait dengan kesejahteraan psikologis yang positif dan 'ikigai' terutama di kalangan pria," kata para ilmuwan.

Para peneliti lebih lanjut mencatat bahwa sementara wanita dua kali lipat lebih mungkin dibandingkan pria untuk melaporkan libido yang lebih rendah, mereka tidak menemukan hubungan antara hal itu dan kematian.

Hasilnya tetap sama bahkan setelah menghubungkan variabel seperti merokok, penggunaan alkohol, indeks massa tubuh (BMI), kondisi kesehatan yang mendasari dan tingkat olahraga.

Ilmuwan belum dapat menjelaskan mengapa ada hubungan antara libido dan umur panjang, namun, kurangnya minat seksual dapat menjadi tanda kebiasaan buruk yang meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti merokok, minum, atau makan berlebihan, menurut para peneliti.

Ilustrasi bercinta

Photo :
  • U-Report

Hasilnya memang mendukung gagasan bahwa kehidupan seks yang sehat adalah bagian dari apa yang mengarah pada kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Manfaat seks antara lain tidur lebih nyenyak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi depresi dan kecemasan, serta membantu kesehatan jantung.

Mengingat penelitian ini difokuskan pada sebagian populasi di satu bagian Jepang, temuan tersebut mungkin tidak berlaku untuk seluruh dunia.

Para ilmuwan berharap penelitian ini akan "mempromosikan kesehatan masyarakat melalui advokasi seksualitas di Jepang", karena Jepang memiliki "lebih banyak prasangka tentang seks di kalangan orang tua daripada di dunia Barat."

“Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengklarifikasi mekanisme yang mendasari efek preventif dari minat seksual terhadap kematian,” kata para ilmuwan.

“Temuan ini berimplikasi pada pentingnya minat seksual dalam meningkatkan umur panjang pada populasi ini.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya