5 Fakta Menarik Pulau Kalimantan yang Harus Kamu Tahu

Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat.
Pulau Lemukutan, Kalimantan Barat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Terkenal dengan hutan hujan, orang utan, tempat menyelam Sipadan yang terkenal, dan puncak Gunung Kinabalu yang menjulang tinggi, merupakan keajaiban dunia yang harus dikunjungi oleh para pelancong. Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia dan dikelilingi oleh Laut Jawa di Selatan, Laut Sulawesi di Timur, dan Laut Cina Selatan di Utara.

Pulau ini terdiri dari empat wilayah politik, Sabah dan Sarawak, dua negara bagian Malaysia, Kalimantan yang merupakan milik Indonesia dan negara sultan kecil Brunei Darussalam. Kamu yang mengunjungi pulau ini dijamin akan jatuh cinta, karena menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Berikut ulasan lengkap tentang fakta menarik Pulau Kalimantan yang dirangkum dari Travelawaits.

1. Rasakan Satwa Liar Alami di Sungai Kinabatangan

Sungai Kinabatangan

Sungai Kinabatangan

Photo :
  • YouTube Layar Liar

Di sepanjang Sungai Kinabatangan, di negara bagian Sabah Malaysia, terdapat petak kecil hutan hujan alami yang dilindungi yang memberikan kesempatan tak terlupakan untuk melihat orangutan, gajah kerdil, kera, bekantan, dan buaya di alam liar. Ahli burung akan berada di surga melihat kingfishers, rangkong badak, dan banyak spesies burung eksotis lainnya.

Naik perahu di sepanjang Sungai Kinabatangan adalah cara sempurna untuk menikmati pemandangan dan suara hutan hujan Kalimantan. Sorotan dari kedua perjalanan ke Kalimantan adalah melihat kawanan gajah kerdil, gajah Asia terkecil, berenang di Sungai Kinabatangan dan diam-diam menonton dari perahu saat mereka mandi lumpur dan membunyikan belalai.

2. Melihat Orang Utan Di Kalimantan

Halaman Selanjutnya
img_title