VIVA RePlay: Tak Terungkap, Ini 5 Tempat Misterius yang Disebutkan dalam Al Quran

Tembok Besar China Palsu di Nanchang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Alam semesta memang menyimpan berbagai rahasia yang cukup sulit untuk diungkap oleh manusia. Salah satunya adalah tempat misterius di bumi yang keberadaannya masih menjadi rahasia. Bahkan, tempat tersebut sudah tertulis dalam Al Quran

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Seperti kita ketahui, Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang di dalamnya banyak sekali petunjuk tentang alam semesta. Berbagai hal yang paling misterius dan sulit terjamah oleh manusia pun bisa ditemukan dalam Al Quran sebagai petunjuknya. 

Beberapa tempat misterius yang dikatakan Al Quran dan sabda Rasulullah tersebut hingga kini sulit untuk ditemukan. Bahkan, tidak jarang ahli yang berusaha menjangkaukan, tapi hasilnya nihil. Nah, untuk kamu yang penasaran simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

1. Tembok Yajuj dan Majuj 

Tembok Besar China.

Photo :
  • U-Report
Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Tempat misterius pertama di bumi adalah tembok Yajuj Majuj. Dalam Al Quran, tembok itu dibangun oleh seorang raja bernama Dzulqarnain, dan keberadaannya masih menjadi misteri hingga kini. Menurut kabar yang beredar, ada sebuah desa di kaki gunung sekitar 50 kilometer sebelah utara Beijing bernama Badaling.

Turis dari seluruh dunia memasuki gerbang Tembok Besar China dari sini. Karena tingginya, tembok ini juga dikatakan terlihat dari bulan. Akhirnya, banyak yang menduga bahwa Tembok Besar China adalah tembok yang dibangun oleh Raja Dzulqarnain yang termasuk dalam Surat Al Kahfi.

Sedangkan yang disebut Ya juj dan Majuj adalah penghancuran dan penghancuran negara-negara yang ditaklukkan oleh bangsa Mongol utara. Menurut Syekh Hamdi bin Hamza Abu Zaid, penulis dan peneliti Tembok Besar Zulkarnain, tembok yang dibangun Raja Dzulqarnain adalah tembok besar China.

Ia juga mengatakan hal ini disertai dengan bukti yang ditemukan dalam bukunya. Namun secara fisik tembok yang dibangun oleh Raja Dzulqarnain sangat berbeda dengan Tembok Besar China. Tembok Besar China terbuat dari batu bata, sedangkan dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa tembok yang dibangun Zukarnain terbuat dari campuran besi dan tembaga.

2. Pulau Dajjal Dikurung

Ilustrasi al-Masih ad-Dajjal

Photo :
  • U-Report

Dalam ajaran Islam, Dajjal dianggap sebagai salah satu makhluk yang akan muncul di akhir zaman. Namun, sampai sekarang tidak ada yang tahu di mana Dajjal dikurung karena sangat sedikit informasi. Dikatakan bahwa Dajjal ditahan di sebuah pulau di Samudra Hindia yang disebut Sokotra.

Kepulauan ini terletak 80 kilometer timur Tanduk Afrika dan 380 kilometer selatan Jazirah Arab. Tapi tidak ada bukti konklusif untuk pandangan ini, sehingga banyak ulama tidak setuju. Meski begitu, sebagai umat Islam, kita semua harus meyakini adanya Dajjal yang akan membawa fitnah besar di akhir zaman. 

3. Telaga Ainul Hayat 

ilustrasi telaga al-kautsar.

Photo :
  • U-Report

Menurut beberapa ahli tafsir, Ainul Hayat adalah air kehidupan yang dapat memperpanjang umur manusia. Siapapun yang meminum air ini, meski hanya seteguk, akan hidup selamanya. Banyak legenda mengatakan bahwa setelah Allah SWT menciptakan dunia, Dia mengirimkan beberapa tetes air dari langit ke dunia.

Salah satu tetes ini kemudian menjadi Ainul Hayat atau Air Mancur Keabadian yang terkenal. Namun keberadaan Ainul Hayat hingga kini belum bisa dipastikan. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa Dajjal pernah mandi dan minum air tersebut, jadi dia masih hidup sampai sekarang.

4. Jabal Qaaf

Ilustrasi gunung dibuat tunduk oleh Nabi Daud.

Photo :
  • U-Report

Tempat misterius berikutnya adalah Jabal Qaaf. Dikisahkan ketika Nabi Muhammad SAW kembali dari perjalanannya di Isra’ Miraj, beliau melihat gunung Jabal Qaf dan pemandangan disana sangat indah. Cahaya biru menembus langit, dan Nabi Muhammad terpesona oleh keindahan. 

Akhirnya Nabi mengajak malaikat Jibril untuk mengunjungi tempat tersebut. Dalam tafsir Al-Alusi, Jabal Qaaf digambarkan sebagai gunung yang tidak terlihat oleh mata manusia biasa, hanya terlihat oleh orang-orang pilihan.Sedikit yang diketahui tentang gunung ini. Dalam Al-Qur'an sendiri, Jabal Kaf diabadikan dalam surat Qaaf. Namun, tidak ada orang yang tahu sampai sekarang.

5. Sumur Barhut

Ilustrasi wakaf sumur sebagai amalan jariyah

Photo :
  • pexels by Frans Van Heerden

Banyak tempat di Bumi yang menyisakan misteri yang belum dieksplorasi oleh para peneliti, termasuk sumur Barhut. Diyakini bahwa tempat misterius ini tidak digali oleh manusia, melainkan digali dengan bantuan para jin. Bahkan, sumur tersebut dikatakan memiliki sumber air terburuk di dunia. Itu juga merupakan tempat berkumpulnya ruh orang kafir.

Barhut sendiri adalah legenda, dan masih banyak diperdebatkan hingga saat ini, termasuk apakah itu rumah bagi jiwa-jiwa kafir. Lokasi sumur tersebut berada di sebuah lembah gurun bernama Barhaut di Hadramaut, Yaman. Banyak yang mengatakan lokasi ini adalah awal dari akhir dunia dan menjadi tempat yang paling tidak bisa dihuni. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya