Mudik saat Libur Nataru? Ini 5 Tips Agar Tak Mengantuk di Perjalanan

Ilustrasi perempuan atau wanita menyetir mobil.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA Lifestyle – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memprediksi sekitar 44,17 juta orang mudik pada Natal dan Tahun Baru 2023 nanti. Ini menunjukkan betapa pentingnya momen berkumpul bersama keluarga di momen spesial akhir tahun. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Namun, jika kamu berniat membawa kendaraan saat mudik, menyetir dalam waktu lama tentu saja bisa membuatmu lelah yang akhirnya menyebabkan kantuk. Agar hal itu tidak terjadi, berikut beberapa tips terhindar dari kantuk di perjalanan, dikutip dari berbagai sumber. Yuk, scroll. 

Saat merasa mengantuk, segera menepi
Jika matamu sudah mulai terasa berat dan konsentrasimu perlahan menurun, jangan paksakan meneruskan perjalanan. Segeralah menepi dan istirahat sejenak. Jangan sekali-kali mengemudi dalam keadaan mengantuk, karena akan membahayakan keselamatanmu dan orang lain. 

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Buka kaca jendela
Dalam keadaan tertutup, sirkulasi udara di dalam mobil juga bisa membuatmu mengantuk. Cobalah untuk mematikan AC dan membuka kaca jendela mobil. Dengan begitu, udara luar akan masuk ke dalam. Meski udara luar tak selalu bersih, setidaknya hembusan angin yang mengenai wajahmu bisa mengurangi rasa kantuk. 

Ilustrasi mengemudi.

Photo :
  • Pixabay/Foundry
Viral Bocah 5 Tahun Kemudikan Mobil PLN, Begini Kronologi Sebenarnya

Mendengarkan musik
Musik bisa menjadi solusi untuk mengatasi kantuk di perjalanan. Cobalah pilih lagu-lagu bernada upbeat dan ceria, yang sekiranya bisa membuatmu kembali bersemangat. Atau, mendengarkan radio juga bisa menjadi ide menarik. 

Lakukan peregangan di dalam mobil
Jika terjebak macet, manfaatkan momen tersebut untuk melakukan peregangan ringan dengan meregangkan tangan dan menggerakkan bahu memutar ke depan dan ke belakang. Kemudian, tengokkan kepala ke kiri dan ke kanan. Meski terlihat simpel, aktivitas tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah. 

Minum kopi
Buat kamu pecinta kafein, minum kopi juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk membuat mata melek. Jane Kurnia, Product Marketing Manager CNI mengatakan, CNI Ginseng Coffee adalah pelopor kopi ginseng di Indonesia dari tahun 1994. Produk ini terbuat dari kopi arabika dan robusta, ekstrak ginseng, dan krimer nabati yang diklaim terjamin kualitasnya.

"Di fase menuju endemi seperti sekarang, ditambah liburan akhir tahun, perpaduan kopi dan ginseng adalah pilihan tepat yang bisa dinikmati sambil menemani perjalanan mudik Natal dan Tahun Baru 2023," ujar Jane, dalam keterangannya, Senin 26 Desember 2022.

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

Lukman, Karyawan Swasta di Jakarta mengungkapkan, baru pertama kali merasakan enaknya minum kopi yang terdapat ekstrak ginsengnya.

"Efeknya langsung terasa, badan jadi lebih segar dan tidak bikin ngantuk saat berkendara. Akhirnya saya ketagihan beli dan konsumsi sampai sekarang, karena rasanya enak dan bagus buat kesehatan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya