Pelatih Anjing Profesional Beberkan Satu Permainan yang Tak Dianjurkan Untuk Anjing Peliharaan

ilustrasi anjing
Sumber :
  • freepik/Racool_studio

VIVA Lifestyle – Seorang pelatih anjing profesional telah mengungkapkan satu permainan yang tidak dianjurkan kepada anjing perliharaan, yaitu membuat permainan mengejar anjing, karena itu mengajarkan mereka untuk melarikan diri dari Anda.

5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

Pelatih anjing petualang profesional Max Alpert asal Amerika Serikat, mengatakan 'nasihat nomor satu' untuk pemilik anjing adalah jangan pernah mengejar mereka, lebih baik bermain dengan membiarkan mereka yang menangkap/mengejar Anda.

Dia mengatakan itu 'ide buruk' bagi pemilik untuk mengejar anjing mereka karena 'mendorong' mereka untuk melarikan diri dari orang-orang jika mereka melarikan diri atau berkeliaran.

Hobi Lari, Politisi Golkar Misbakhun Capai Finis di London Marathon 2024

ilustrasi anjing

Photo :
  • rawpixel.com/freepik

"Saya suka bermain kejar-kejaran dengan anjing saya. Ini sangat menyenangkan, memberikan kepuasan dan latihan, dan yang paling penting mengajarkan anjing saya bahwa berlari ke arah saya itu bermanfaat," jelas Max, melansir Daily Mail

Man Utd Krisis! Ten Hag Dihujani Kritik Pedas Ian Wright Gegara Dua Keputusan Fatal

"Jangan pernah mengejar anjingmu karena tidak ada keadaan di mana menurutku sebaiknya anjingku berpikir ingin melarikan diri dariku." lanjutnya. 

Max mengatakan bermain kejar-kejaran dengan seekor anjing dapat berisiko mempersulit untuk mengambilnya atau mengembalikannya kembali dalam situasi berbahaya seperti ketika mereka melarikan diri karena mereka mungkin mengira sedang bermain game dan merusak ingatan mereka. 

"Pikirkan, jika anjing Anda keluar dari pekarangan Anda atau berjalan menjauh dari Anda saat mendaki dan Anda mengejarnya, apakah Anda ingin anjing Anda berpikir 'Ooh mungkin Anda sedang bermain kejar-kejaran, saya harus pergi ke arah lain'? Sama sekali tidak." dia menjelaskan.

Ilustrasi wanita dan anjing

Photo :
  • Pixabay/pexels

Max lebih lanjut menjelaskan bahwa lebih baik bermain game dengan anjing Anda di mana mereka malah mengejar pemiliknya. "Kami tidak ingin memperkuat kebiasaan ini sejak awal, jadi jangan kejar anjingmu," katanya.

"Ingat anjing mengejarmu, bagus, kamu mengejar anjingmu, buruk," tegasnya. 

Klip Max menerima puluhan ribu penayangan karena banyak komentar setuju dengan saran praktisnya.

Namun tidak semua orang menyukai saran Max dengan banyak alasan pelatihan yang tepat dapat mencegah seekor anjing melarikan diri dari pemiliknya.

"Saya menggunakan peluit penarikan khusus yang selalu dia ingat. Ini seperti kicauan burung dan saya selalu memperkuatnya dengan suguhan atau pujian," komen salah satu pemilik komunitas anjing.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya