Sambut 2023, Begini Langkah Tingkatkan Kualitas Gaya Hidup Sehat

Ilustrasi pola hidup sehat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Perayaan Tahun Baru 2023 telah dinanti oleh banyak orang dan menjadi momen yang tepat untuk kembali mengevaluasi perjalanan hidup selama setahun belakangan.

Bukan Lagi Penyakit Orangtua, Penderita Kanker di Usia Muda Meningkat 79 Persen

Ada banyak target dan keinginan yang beragam, namun salah satu resolusi tahun baru yang paling sering dibuat adalah untuk meningkatkan kualitas hidup dengan membiasakan gaya hidup sehat. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Salah satu upaya yang paling efektif untuk memiliki tubuh yang lebih sehat adalah dengan meningkatkan kesadaran penuh untuk mulai memperhatikan segala asupan nutrisi.

Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Hal tersebut juga termasuk dengan apa yang dikonsumsi dan mengontrol rutinitas maupun berbagai kebutuhan yang dibelanjakan setiap harinya.

gaya hidup sehat

Photo :
  • Pixabay
Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Berikut ini adalah 4 ide untuk meningkatkan kualitas gaya hidup yang bisa dilakukan untuk menyambut tahun baru:

1. Bangun Pola Hidup Sehat dengan Konsumsi Makanan yang Tepat

Mengkonsumsi makanan bergizi menjadi salah satu langkah awal yang penting untuk membangun kebiasaan hidup sehat.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan saat menerapkan pola makan sehat, tidak hanya menyesuaikan jumlah makanan atau mengatur jam makan, tetapi penting juga untuk memperhatikan jenis makanan yang merupakan kunci utama mencapai gizi seimbang. 

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selain mengonsumsi makanan gizi seimbang, kebutuhan vitamin harian juga harus selalu terpenuhi. Vitamin yang cukup beguna selain untuk menjaga imunitas tubuh sehat dan fit, vitamin juga dapat meningkatkan energi, mengatur metabolisme, hingga menjaga kesehatan kulit.

Ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin, seperti mengonsumsi sayur, buah, dan ikan secara teratur hingga berjemur di bawah sinar matahari pagi.

hidup sehat

Photo :
  • U-Report

3. Tingkatkan Energi dengan Rajin Berolahraga

Selain memperhatikan kandungan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, gaya hidup sehat juga bisa diimbangi dengan mulai rajin dan konsisten berolahraga.

Tidak hanya membuat tubuh semakin sehat dan membantu mengontrol berat badan, berolahraga juga memiliki segudang manfaat lain seperti membuat menjadi lebih berenergi sehingga bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih bersemangat. 

4. Istirahat Cukup dan Tidur teratur

Setelah menjalani aktivitas seharian, hal yang paling penting untuk melengkapi kebutuhan gaya hidup sehat adalah istirahat yang cukup dan tidur teratur. Kebutuhan tidur setiap orang umumnya berbeda-beda, namun orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7–9 jam setiap harinya.

Ilustrasi tidur

Photo :
  • The Sun

Untuk memastikan tidur berkualitas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti membuat kondisi kamar senyaman mungkin, buat jadwal tidur yang rutin, perhatikan makanan dan minum yang dikonsumsi sebelum tidur, dan membatasi penggunaan gadget saat sudah waktunya tidur.

Mengawali lembaran baru di tahun 2023, tentunya semua orang masih berantusias untuk memanfaatkan momen ini guna mencapai berbagai tujuan dan impian yang belum dapat direalisasikan di tahun sebelumnya, seperti meningkatkan kualitas hidup dari berbagai aspek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya