Penyebab Menstruasi Tak Lancar, Lengkap dengan Resep Herbal dari Dokter Zaidul Akbar

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.
Sumber :
  • Pixabay/Saranya7

VIVA Lifestyle – Biasanya, periode menstruasi berlangsung empat hingga tujuh hari. Contoh masalah menstruasi termasuk menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari atau terpisah lebih dari 35 hari, kehilangan tiga atau lebih periode berturut-turut, dan aliran menstruasi yang jauh lebih berat atau lebih ringan dari biasanya.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

Kebanyakan wanita memiliki periode menstruasi yang berlangsung empat sampai tujuh hari. Menstruasi wanita biasanya terjadi setiap 28 hari, namun siklus menstruasi normal dapat berkisar antara 21 hari hingga 35 hari.

Contoh masalah menstruasi beberapa di antaranya meliputi:

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat
  • Menstruasi yang terjadi kurang dari 21 hari atau terpisah lebih dari 35 hari
  • Hilang tiga periode atau lebih berturut-turut
  • Aliran menstruasi yang jauh lebih deras atau lebih ringan dari biasanya
  • Menstruasi yang berlangsung lebih lama dari tujuh hari
  • Menstruasi yang disertai nyeri, kram, mual atau muntah
  • Pendarahan atau bercak yang terjadi di antara periode, setelah menopause atau setelah berhubungan seks

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.

Photo :
  • Pixabay/Saranya7
Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Contoh menstruasi yang tidak normal adalah sebagai berikut:

  • Amenore adalah suatu kondisi di mana menstruasi wanita telah berhenti sama sekali. Tidak adanya menstruasi selama 90 hari atau lebih dianggap tidak normal kecuali wanita hamil, menyusui, atau mengalami menopause (yang umumnya terjadi pada wanita antara usia 45 dan 55). Wanita muda yang belum mulai menstruasi pada usia 15 atau 16 tahun atau dalam waktu tiga tahun setelah payudara mereka mulai berkembang juga dianggap mengalami amenore.
  • Oligomenore mengacu pada periode yang jarang terjadi.
  • Dismenore mengacu pada periode yang menyakitkan dan kram menstruasi yang parah. Beberapa ketidaknyamanan selama siklus normal bagi kebanyakan wanita.
  • Pendarahan rahim yang tidak normal dapat terjadi pada berbagai ketidakteraturan menstruasi, termasuk: aliran menstruasi yang lebih berat; periode yang berlangsung lebih dari tujuh hari; atau pendarahan atau bercak di antara periode, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause.

Gejala dan Penyebab

Apa yang menyebabkan menstruasi (menstruasi) tidak normal?

Ada banyak penyebab haid tidak normal, mulai dari stres hingga kondisi medis mendasar yang lebih serius:

Ilustrasi menstruasi

Photo :

Stres dan faktor gaya hidup

Kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan, diet, perubahan rutinitas olahraga, perjalanan, penyakit, atau gangguan lain dalam rutinitas sehari-hari seorang wanita dapat berdampak pada siklus menstruasinya.

Pil KB 

Kebanyakan pil KB mengandung kombinasi hormon estrogen dan progestin (beberapa mengandung progestin saja). Pil mencegah kehamilan dengan menjaga ovarium agar tidak melepaskan sel telur. Mengonsumsi atau mematikan pil KB dapat memengaruhi menstruasi. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur atau terlewat hingga enam bulan setelah menghentikan pil KB. Ini adalah pertimbangan penting ketika Anda berencana untuk hamil dan hamil. Wanita yang mengonsumsi pil KB yang hanya mengandung progestin mungkin mengalami pendarahan di antara periode.

Polip rahim atau fibroid 

Polip rahim adalah pertumbuhan jinak (non-kanker) kecil di lapisan rahim. Fibroid rahim adalah tumor yang menempel di dinding rahim. Mungkin ada satu atau beberapa fibroid yang berkisar dari sekecil biji apel hingga seukuran jeruk bali. Tumor ini biasanya jinak, tetapi dapat menyebabkan perdarahan hebat dan nyeri selama menstruasi. Jika fibroid besar, mereka mungkin menekan kandung kemih atau rektum, menyebabkan ketidaknyamanan.

Endometriosis

Jaringan endometrium yang melapisi rahim rusak setiap bulan dan habis dengan aliran menstruasi. Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium mulai tumbuh di luar rahim. Seringkali, jaringan endometrium menempel pada ovarium atau saluran tuba; terkadang tumbuh di usus atau organ lain di saluran pencernaan bagian bawah dan di area antara rektum dan rahim. Endometriosis dapat menyebabkan perdarahan abnormal, kram atau nyeri sebelum dan selama menstruasi, dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Penyakit radang panggul 

Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi sistem reproduksi wanita. Bakteri dapat masuk ke vagina melalui kontak seksual dan kemudian menyebar ke rahim dan saluran kelamin bagian atas. Bakteri juga dapat memasuki saluran reproduksi melalui prosedur ginekologi atau melalui persalinan, keguguran, atau aborsi. Gejala PID termasuk keputihan yang berat dengan bau yang tidak sedap, menstruasi tidak teratur, nyeri di daerah panggul dan perut bagian bawah, demam, mual, muntah, atau diare.

Sindrom ovarium polikistik 

Pada sindrom ovarium polikistik (PCOS), ovarium menghasilkan androgen dalam jumlah besar, yang merupakan hormon pria. Kantung kecil berisi cairan (kista) dapat terbentuk di ovarium. Ini sering terlihat pada USG. Perubahan hormon dapat mencegah sel telur menjadi matang, sehingga ovulasi mungkin tidak terjadi secara konsisten. Terkadang seorang wanita dengan sindrom ovarium polikistik akan mengalami menstruasi yang tidak teratur atau berhenti menstruasi sama sekali. Selain itu, kondisi tersebut dikaitkan dengan obesitas, infertilitas, dan hirsutisme (pertumbuhan rambut berlebihan dan jerawat). Kondisi ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, meski penyebab pastinya belum diketahui. Perawatan PCOS tergantung pada apakah seorang wanita menginginkan kehamilan. Jika kehamilan bukan tujuan, maka penurunan berat badan, pil kontrasepsi oral, dan obat Metformin® (peka insulin yang digunakan pada diabetes) dapat mengatur siklus wanita. Jika kehamilan diinginkan, obat perangsang ovulasi dapat dicoba.

Insufisiensi ovarium prematur

Kondisi ini terjadi pada wanita di bawah usia 40 tahun yang indung telurnya tidak berfungsi normal. Siklus menstruasi berhenti, mirip dengan menopause. Ini dapat terjadi pada pasien yang sedang dirawat karena kanker dengan kemoterapi dan radiasi, atau jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan insufisiensi ovarium prematur atau kelainan kromosom tertentu. Jika kondisi ini terjadi, temui dokter Anda.

Penyebab lain dari menstruasi yang tidak normal meliputi:

  • Kanker rahim atau kanker serviks .Obat-obatan, seperti steroid atau obat antikoagulan (pengencer darah).
  • Kondisi medis, seperti gangguan perdarahan, kelenjar tiroid yang kurang atau terlalu aktif , atau gangguan hipofisis yang memengaruhi keseimbangan hormon.
  • Komplikasi yang terkait dengan kehamilan, termasuk keguguran atau kehamilan ektopik (sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar rahim; misalnya, di dalam tuba falopi).

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Minuman santan campur kunyit aka golden milk.

Photo :
  • U-Report

Nah dalam kasus ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti yang diungkapkan oleh Dokter Zaidul Akbar tentang resep minuman herbal yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi gangguan menstruasi.

Baginya resep herbal ini sangatlah mudah dibuat sendiri di rumah, karena hanya membutuhkan beberapa bahan utama saja. Beberapa di antaranya, ada jahe dan sereh, serta gunakan air panas.

"Yang lagi masalah menstruasi, yang lagi kabarnya lagi naik meningkat kasusnya. Bisa konsumsi ramuan ini ya," kata dr. Zaidul pencetus Jurus Sehat Rasulullah (JSR) melalui Instagram pribadinya.

Dirinya juga sempat menjelaskan cara mudah mengolah obat herbal yang disarankannya tersebut.  Yakni cukup kunyik dan sereh digeprek lalu diseduh dengan air panas.

dokter Zaidul Akbar

Photo :
  • YouTube dokter Zaidul Akbar

"Kunyit digeprek, sereh digeprek, kasih air panas lalu minum," sambung dr. Zaidul.

Seperti yang kita ketahui bersama, kunyit merupakan rempah-rempah alami yang memiliki kandungan kurkumin. Di mana kurkumin tersebut memiliki efek bisa meredakan nyeri alami atau analgesik yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

Sementara untuk serai, meski tidak dispesifikan untuk rahim namun manfaat serai ternyata bisa membantu mengatasi bebragai masalah menstruasi, seperti salah satunya melancarkan aliran darah menstruasi.

Tidak hanya itu, serai diketahui juga bisa mengatasi kram perut, mood swing hingga sakit kepala yang menjadi beberapa gejala seseorang premenstrual syndrome alias PMS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya