Pria Ini Ungkap Penderitaan Usai Nyaris Tewas Akibat Amoeba Pemakan Otak

Ilustrasi amoeba
Sumber :
  • insider.com

VIVA Lifestyle – Enam tahun setelah pengalaman mengerikan yang membuatnya nyaris menghadapi kematian dengan amoeba pemakan otak, mahasiswa bernama Sebastian Deleon berbagi kisahnya untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya parasit tersebut.

Bagaimana Membedakan Gejala Infeksi dengan Penyakit Biasa pada Anak?

Deleon, kini berusia 22 tahun, adalah salah satu dari empat orang yang selamat dari infeksi Naegleria fowleri, amoeba langka yang ditemukan di air tawar hangat. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dikutip laman Insider, Deleon menuturkan pada Click Orlando bahwa dia sempat dirawat di rumah sakit setelah berenang di kolam dekat rumahnya di Weston, Florida, ketika dia berusia 16 tahun.

Kasus Demam Berdarah di Singapura Meroket, Sudah Makan Korban Sebanyak Ini

Ilustrasi amoeba

Photo :
  • insider.com

Deleon mengaku mengingat sensasi 'meletup-meletup' saat berada di kolam. Deleon mengaku melompat ke air tanpa menutupi hidungnya. Kondisi itu memberi parasit kesempatan untuk masuk ke lubang hidungnya dan menginfeksi otaknya.

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Amoeba pemakan otak telah merenggut setidaknya 150 nyawa di AS, menurut Pusat Penyakit dan Pencegahan. Hampir semua kasus berakibat fatal, dan Deleon adalah salah satu penyintas pertama yang berbicara secara terbuka tentang pengalamannya.

"Dua tahun pertama pemulihan adalah yang paling sulit," kata Deleon kepada Click Orlando

Setelah kehilangan sebagian besar keterampilan motoriknya karena pembengkakan di otaknya, Deleon harus pergi ke pusat rehabilitasi di mana dia belajar berjalan, menulis, dan melakukan tugas-tugas dasar lagi.

Perlahan Deleon telah pulih sepenuhnya, berkat diagnosis cepat dari dokternya dan bantuan dari perusahaan farmasi lokal. Beruntung, Deleon kini sedang mempelajari peradilan pidana dan berbicara tentang pengalamannya

"Kita mungkin harus melakukan lebih banyak penelitian tentang ini karena tidak ada alasan mengapa seorang anak harus pergi ke kolam dan takut bahwa mereka bisa mendapatkan sesuatu yang hampir tidak kita ketahui apa yang harus dilakukan," kata Deleon kepada Click Orlando.

Gejala Sakit Kepala Usai Renang

Saat itu, keluarganya sedang berlibur di sebuah taman hiburan di Orlando ketika Deleon mengalami sakit kepala yang sangat parah sehingga dia tidak dapat mentolerir siapapun yang menyentuhnya, CBS News melaporkan pada tahun 2016.

"Sakit kepala ini berbeda. Rasanya lebih seperti - deskripsi yang terus saya katakan di rumah sakit adalah rasanya seperti ada batu halus di atas kepala saya, dan seseorang mendorongnya ke bawah," jelas Deleon.

Deleon mengatakan orang tuanya tahu bahwa itu bukan sakit kepala biasa, karena dia hampir tidak bisa bergerak. Mereka memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit dengan mobil pada hari gejalanya mulai.

"Rasanya seperti berada di salah satu roller coaster yang berputar-putar, dan saya harus memakai kacamata hitam, dan matahari bahkan tidak keluar," katanya.

Di rumah sakit, Dr. Humberto Liriano mengenali gejala meningoencephalitis amuba primer (PAM), infeksi yang terkait dengan amoeba Naegleria fowleri. Infeksi ini paling umum terjadi di Florida dan Texas, sehingga tim perawatan kritis mengetahui tingkat kematian PAM yang tinggi.

"Keluarga ketika mereka datang kepada saya, segera dalam waktu empat jam, saya harus memberi tahu mereka untuk mengucapkan selamat tinggal," kata Liriano kepada wartawan pada 2016.

Deleon Selamat Berkat Obat Mutakhir

Segera setelah tim melihat amoeba di keran tulang belakang, mereka menghubungi perusahaan farmasi Orlando bernama Mendalam. Perusahaan ini adalah satu-satunya distributor Impavido di AS, obat yang menjanjikan dalam mengobati PAM.

"Hanya 26 rumah sakit di AS yang membawa Impavido," kata CEO Todd McLaughlan kepada Click Orlando. 

Tujuh di antaranya berlokasi di Florida, tetapi rumah sakit tempat Deleon dirawat tidak memiliki obat tersebut.

Dalam 12 menit setelah mendapatkan permintaan dari apotek rumah sakit, putra McLaughlan sedang dalam perjalanan untuk memberikan dosis penting, stasiun berita lokal WLRN melaporkan pada tahun 2016.

Dokter kemudian menempatkan Deleon dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis untuk memperlambat infeksi dan memberikan kesempatan obat untuk bekerja.

Dia koma selama sekitar 72 jam sebelum tim perawatan kritis memutuskan untuk membangunkannya.

Setelah sebelumnya merawat pasien dengan PAM yang tidak sembuh, Liriano tampak emosional untuk berbagi cerita langka tentang bertahan hidup. Liriano lega dengan keputusan tindakan medis untuk bisa menyelamatkan nyawa Deleon.

"Deleon dapat bernapas sendiri dan berbicara dalam beberapa jam setelah tabung pernapasannya dilepas," kata Liriano dalam konferensi pers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya