Ini Dia Ratu Afrika Bermata Satu yang Mampu Kalahkan Kekaisaran Romawi Besar

Kaisar Romawi
Sumber :

VIVA Lifestyle – Hampir hilang karena erosi waktu, kisah Ratu Kushite Amanirenas ini berfokus pada konflik yang dimulai pada 30 SM, tak lama setelah Kaisar Romawi pertama menduduki Mesir . Setelah lebih dari seribu tahun memerintah wilayah tersebut, Kerajaan Kush menghilang pada tahun 300 M, tetapi sebelum mencapai prestasi yang mengguncang aula sejarah. 

Menakjubkan, Ini 7 Keajaiban Dunia Baru yang Harus Kamu Tahu

Ancaman seluruh Kekaisaran Romawi dan Kaisar Romawi yang didewakan sendiri tidak dapat menghancurkan tekad suku-suku terorganisir yang tinggal di Afrika Timur Laut, selatan Mesir. Kegemaran Roma untuk berperang hanya bisa bertahan sejauh ini melawan bangsa yang bersumpah untuk tidak pernah bertekuk lutut.

Meskipun Roma bertahan selama berabad-abad, pertanyaan tentang kedaulatan Kush tidak pernah dipertanyakan lagi, semua berkat ratu pejuang yang galak ini yang mencabik-cabik diskriminasi gender dengan mudah.

5 Fakta Gurun Negev, Tempat yang Diusulkan Jadi Penampungan Warga Palestina Jika Diusir dari Gaza

Kekaisaran Romawi

Romawi

Photo :

Geger Makam Orang Kaya Ada di Penampungan Air, Kok Bisa

Legiun Roma adalah pasukan yang diperlengkapi dengan baik dan terlatih dengan baik. Barisan mereka menggunakan formasi yang erat dan balista yang berat untuk mendominasi musuh mereka. Antara 509 SM hingga 330 M, Kekaisaran Romawi memperluas dan menaklukkan wilayah antara Skotlandia dan Teluk Persia.

Aspek inti dari struktur sosial mereka bergantung pada sumber daya yang terus mengalir, baik dijarah atau diupeti dari wilayah yang direbut, dan hanya ada sedikit peradaban yang dapat melawannya. 

Republik Romawi berakhir pada 27 SM setelah pembunuhan konsul Caesar. Kaisar pertama, Augustus , menggantikannya. Selama tahun-tahun pertama pemerintahannya, Augustus berfokus pada penaklukan Mesir, Eropa, dan Yudea untuk memperkuat jaringan perdagangan.

Kerajaan Kush

Ratu Amanirenas memerintah Nubia dari 40 SM sampai 10 SM. Raja meninggal sekitar awal perang, meninggalkan Ratu dalam otoritas tertinggi. Kerajaan ini berada di sepanjang tepi Sungai Nil di sebelah selatan Mesir dan percampuran membawa berbagi nilai budaya, meskipun kedua wilayah sering berperang dan berdamai.

Pada satu titik sekitar 750 SM Kush menaklukkan Mesir, dan penguasa Kushite Piye menyatakan dirinya sebagai Firaun dan berinvestasi dalam kebangkitan pembangunan Piramida. Asyur pada 672 SM membebaskan Mesir tetapi tidak dapat melenyapkan Kush karena ratusan mil gurun pasir antara Meroë dan Mesir; kendala yang kemudian dihadapi Roma. 

Tambang emas yang berharga hadir di wilayah Kush, dan pembangkit tenaga listrik berada diibu kota Meroe. Bekas ibu kotanya adalah Napata, 150 mil ke utara. Terakhir, karena diskriminasi gender tidak ada di Kush, ratu wanita, yang disebut kandakes, menerima pelatihan militer dan semua orang menghormati mereka sebagai dewi.

Dorongan Roma Ke Mesir

Kaisar Romawi

Photo :

Drama dan perselisihan membawa legiun Roma ke Afrika Utara , dan Kaisar Augustus menguasai Mesir setelah berakhirnya dinasti Ptolemeus . Akhir dari dinasti ini adalah sebuah drama kuno; Mark Antony dan Cleopatrajatuh cinta, masing-masing Konsul Romawi dan Ratu Mesir, dan Roma menyatakan perang terhadap pasangan itu. 

Setelah kekalahan semakin dekat, pasangan itu melakukan bunuh diri yang memungkinkan Roma menduduki Mesir pada Agustus 30 SM. Untuk mengamankan wilayah tersebut, Augustus mengirimkan beberapa legiun di bawah pimpinan Gayus Cornelius Gallus. 

Gallus bangga dan bunuh diri setelah Augustus menghukumnya karena memuliakan dirinya sendiri dengan membangun monumen untuk menghormatinya, bukan Augustus. Aelius Gallus menggantikan Gayus, dan ekspedisinya yang gagal ke Arab pada 25 SM membuat Mesir rentan. Gayus juga memberlakukan upeti dan pajak di provinsi Mesir selatan, beberapa di antaranya termasuk desa Kush, yang membenci penindasan yang tiba-tiba ini.

Konflik Pertama

Kekesalan dalam kepemimpinan Romawi-Mesir setelah bunuh diri Gayus menciptakan kerentanan yang diketahui Kerajaan Kush dapat mereka manfaatkan. Selain itu, realokasi pasukan Aelius ke Arab membuat bentangan selatan Mesir tidak dijaga. 

Pada 24 SM, Ratu Amanirenas dan Raja Teriteqas memimpin 30.000 tentara ke wilayah Romawi dan melenyapkan satu-satunya perlawanan yang mereka hadapi di sebuah garnisun di Philae. Tentara Raja dan Ratu menjarah harta, menawan warga Romawi, dan memenggal kepala patung Kaisar Augustus. 

Ditemukan pada tahun 1910, kepala perunggu itu berada di bawah kuil Kush selatan, isyarat yang berarti setiap pengunjung menginjak-injak kepala Augustus. Namun, tak lama setelah perang antara Roma dan Kush dimulai, suami Ratu Amanirenas, Raja Teriteqas, meninggal dunia.

Tanggapan Roma

Peningkatan dari sebuah kerajaan kecil ini, relatif terhadap kekuatan Roma, membutuhkan pembalasan. Lebih dari 10.000 pasukan Romawi berbaris menyusuri Sungai Nil dan mengalahkan pasukan Kushite yang melebihi jumlah mereka. 

Pemimpin Romawi Petronius menangkap beberapa jenderal Kushite, yang menipunya dengan mengklaim bahwa Napataadalah ibu kota saat ini dan putra Amanirenas memerintah orang Kush. Petronius menghancurkan Napata dan memperbudak penduduknya.

Namun, dia melewatkan kesempatan untuk menyerang Meroë karena kesulitan melintasi wilayah gurun sejauh 330 mil ke selatan di atas 570 mil yang telah dia tempuh antara Mesir dan Napata. Ratu Amanirenas membalas sekali lagi dan mendorong pasukan Romawi yang melanggar batas kembali ke garnisun mereka di Primis. 

Selama konflik ini, seorang tentara Romawi membuat penglihatannya cacat, itulah sebabnya Strabo menggambarkannya sebagai "wanita maskulin ... yang kehilangan satu mata". Perpaduan kehebatannya dengan maskulinitas ini merupakan gejala pandangan seksis budaya Romawi tentang sifat-sifat feminin, dan kesuksesan Amanirenas menantang anggapan mereka.

Damai Akhirnya

Sementara invasi Napata sukses bagi orang Kush, sang Ratu menderita, kehilangan suami dan putranya selama permusuhan. Pada 22 SM, pasukan sekutu suku Kushite mengepung Petronius di kota Primis, dan gubernur Romawi meminta ratu mengunjungi Kaisar Augustus untuk merundingkan perdamaian.

Dia mengirim utusan sebagai penggantinya, yang tidak biasa untuk kerajaan sekecil itu ketika berurusan dengan Roma, tetapi ini adalah caranya untuk mengekspresikan kekuatannya. Sementara Augustus memusatkan perhatian pada ancaman yang lebih besar dari Parthia, dia menerima utusan Amanirenas. 

Mereka mengirimkan kepadanya seikat panah emas: hadiah untuk seorang teman, atau "senjata yang dibutuhkan Roma" jika dia menolak permintaan Kushite. Untuk menghormati Ratu Amanirenas, Augustus menyetujui tuntutannya. 

Perjanjian damai 21 SM mengakibatkan Roma menarik pasukan dan mengirimkan klaim pajak dari wilayah Kushite yang diduduki, dan selain itu, Roma mengakui kerajaan sebagai berdaulat. Kemenangan ini menandakan salah satu dari sedikit sekali pemimpin daerah kecil, seorang Ratu di dunia patriarki, mengalahkan kekuatan Roma.

Kesimpulan

Debu telah mengendap, dan Roma menyerah dalam upayanya untuk mendominasi tanah di selatan Mesir. Kaisar Nero berusaha untuk menjelajahi dan mungkin menaklukkan wilayah itu beberapa dekade kemudian, tetapi bunuh diri dan perang saudara berikutnya menghentikan upaya itu. Ratu lain mengikuti setelah Amanirenas meninggal dunia, mewarisi kedamaian dan kekuatan yang ditinggalkannya. Kerajaan Kushite bertahan beberapa ratus tahun lagi hingga abad ketiga M, tetapi kisah kemenangan Kush, yang dipimpin oleh seorang ratu bermata satu, akan bertahan selamanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya