Hari ini Friday 13th, Benarkan Bisa Bawa Sial Buat Semua Orang?

Friday 13th
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Hari ini Jumat 13 Januari 2023, tanggal ini mendadak menjadi sorotan terkait dengan julukan Friday the 13th. Friday 13th ini menjadi tanggal yang selalu diwaspadai oleh orang banyak.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Friday 13th memiliki reputasi yang menakutkan, bahkan kerap dijadikan inspirasi dalam film horor. Faktanya, angka 13 secara keseluruhan telah dicap sebagai pertanda buruk sampai-sampai beberapa lift hotel tidak memiliki lantai 13 karena percaya takhayul tersebut. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Ketika sebagian besar dari kita mendengar bahwa hari Jumat tanggal 13 atau Friday 13th adalah hari sial sejak anak-anak, dan beberapa dari kita membawa takhayul tersebut hingga dewasa. Tapi apa yang diributkan pada Friday the 13th dan apakah takhayul itu didasarkan pada kebenaran?

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 5 April 2024

Friday the 13th.

Photo :
  • YouTube

Mengapa 13th Friday disebut hari sial?
Dilansir Liverpoolecho, Banyak orang percaya bahwa angka 13 mendapat reputasi buruk selama zaman Alkitab, khususnya dalam kaitannya dengan Perjamuan Terakhir. Di mana Perjamuan terakhir Yesus sebelum penyaliban dihadiri oleh 13 orang, Yesus dan 12 murid-Nya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 22 Maret 2024

Sebagai murid terakhir dan pengkhianat utama Yesus, angka 13 menjadi rekan Yudas Iskariot dan dengan demikian dipandang sebagai peringatan akan hal-hal buruk yang akan datang.

Sejarah Friday 13th
Pada hari Jumat tanggal 13 tahun 1307, Raja Prancis Phillip IV menangkap ratusan Ksatria Templar Katolik dan menetapkan hari dan tanggal itu sebagai pertanda buruk.

Paus Clement V telah memberikan perintah untuk menangkap para Ksatria karena seorang anggota ordo yang dikucilkan telah membuat tuduhan bahwa anggota baru dipaksa untuk meludahi salib, mengambil bagian dalam tindakan homoseksual dan menyangkal Kristus. Akibatnya, banyak Ksatria dibakar di tiang pancang di Paris.

Dalam salah satu eksekusi ini, Grand Master of the Knights Templar, Jaques de Molay dikatakan telah menyatakan kutukan pada jaksa penuntutnya saat dia berdiri terbakar di depan katedral Notre Dame. Tradisi menyatakan bahwa kutukan memastikan setiap Friday 13th atau Jumat 13 berikutnya menjadi nasib buruk bagi semua orang.

Friday the 13th.

Photo :
  • Times of India

Takhayul  Friday 13th
Fobia pada hari Jumat tanggal 13 atau Friday 13th begitu tersebar luas sehingga ada dua nama untuknya (keduanya sama-sama mustahil untuk diucapkan) paraskevidekatriaphobia dan Friggatriskaidekaphobia.

Takhayul seputar 13th Friday berkisar dari yang dapat diprediksi hingga yang tidak masuk akal, termasuk kepercayaan bahwa memotong rambut Anda pada hari yang ditakuti dapat menyebabkan kematian dalam keluarga dan siapapun yang lahir pada hari Jumat tanggal 13 akan menghadapi kemalangan seumur hidup, meskipun aktris Marvel Kat Dennings dan si kembar Olsen mungkin berbeda pendapat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya