6 Agama Termuda Sejagat, Ada yang Baru Berumur 11 Tahun

Lucien Greaves, salah satu pendiri Satanic Temple
Sumber :
  • facebook.com/lucien.greaves

VIVA Lifestyle – Ada beberapa agama termuda di dunia yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Agama sendiri adalah jendela untuk menuju pemahaman yang lebih dalam soal pribadi, budaya, negara, dan jiwa. Seperti air, agama cair selalu berubah, berevolusi untuk beradaptasi dengan terobosan ilmiah dan intelektual baru. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab

1. Baha’i

ilustrasi agama

Photo :
  • U-Report
Israel Tutup Masjid Ibrahimi di Kota Hebron karena Dipakai Umat Yahudi untuk Paskah

Agama tersebut diklasifikasikan sebagai agama besar di dunia termuda. Agama ini didirikan pada tahun 1863 oleh nabi Bah’u’llh. Pusat keyakinan mereka berada di Haifa, Israel yang mengajarkan bahwa kebenaran agama hanya dapat diungkapkan oleh ajaran para pemimpin agama dari semua agama di dunia. 

2. Satan

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Lucien Greaves, salah satu pendiri Satanic Temple

Photo :
  • facebook.com/lucien.greaves

Agama tersebut membentuk kelompok untuk mengidentifikasi diri dengan prinsip anarkis, memberontak, dan dari gerakan budaya tandingan. Harapan dari agama termuda satu ini adalah merangkul individualisme, ego, dan materialisme. 

Gereja Setan ini telah berdiri sejak tahun 1966. Secara umum, mereka adalah seorang ateis yang memiliki arti mereka tidak meyakini agama apa pun atau percaya kepada sesuatu yang Illahi. 

3. Jews For Jesus

Agama Jews for Jesus

Photo :
  • en.wikipedia.org

Agama yang satu ini didirikan oleh seorang bernama Moishe Rosen di California. Pada awalnya, agama yang satu ini bernama Hineni Ministries. Namun, pada tahun 1973 diubah menjadi Jews for Jesus. 

Agama ini juga termasuk ke dalam organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk keyakinan bahwa “Yesus adalah Anak Allah”. Penting untuk diketahui bahwa Jews for Jesus tidak dianggap sebagai organisasi Yahudi resmi oleh otoritas Yahudi Rabinik. 

4. Astronisme

Pendiri agama Astronisme, Brandon Taylorian

Photo :
  • en.wikipedia.org

Agama tersebut didirikan oleh seorang penulis dan filsuf Brandon Taylorian pada tahun 2012. Dia juga dikenal sebagai penyelenggara tradisi agama Astronik. Klaimnya adalah bahwa pondasinya kembali ke Zaman Batu sebagai salah satu agama tertua. 

5. Chruch of Scientology

Agama Scientology

Photo :
  • en.wikipedia.org

Agama Gereja Scientology ini memang begitu meyakini ilmu pengetahuan sains. Mereka bahkan kerap disebut sebagai kultus atau anggota bisnis oleh orang luar komunitas. Agama yang satu ini menjadi terkenal ketika perekrutan superstar Hollywood populer seperti John Travolta dan Tom Cruise. 

6. Salvation Army

Ilustrasi kaum beragama.

Photo :
  • www.pixabay.com/maxlkt

Salvation Army didirikan pada tahun 1865 oleh seorang yang bernama William dan Catherine Booth di London. Pada tahun 1878, dia melengkapi kembali misi agama yang baru ditemukan tersebut menjadi lebih dari sekedar cabang agama Kristen yang lain. Mereka menambahkan struktur militer yang menjadi tradisi sejak saat itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya