5 Negara dengan Jumlah Agama Terbanyak di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Ilustrasi kaum beragama.
Sumber :
  • www.pixabay.com/maxlkt

VIVA Dunia – Ada beberapa negara dengan jumlah agama terbanyak yang dianut oleh masyarakatnya. Agama sendiri merupakan sistem kepercayaan atau pemujaan yang memengaruhi cara berpikir, memandang, dan juga berinteraksi dengan dunia. Agama juga kerap menjadi sumber utama keyakinan etis dan moral seseorang. 

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Untuk sebagian besar orang, memeluk agama tertentu merupakan sumber kenyamanan yang sangat besar, bahkan mungkin menjadi tujuan hidup. Semua agama mengajarkan kepercayaan pada kekuatan yang lebih tinggi seperti Tuhan/YHWH/Allah orang Kristen, Yahudi, dan Muslim untuk ALLAH SWT, atau dewa Wisnu, Siwa, Ganesha, Shakti, dan Surya untuk Hindu.

Tapi, agama tetap menjadi bagian integral dari kehidupan banyak orang dan 84 persen masyarakat di dunia mengidentifikasi sebagai kelompok pemeluk agama tertentu. Identifikasi kepercayaan terhadap Tuhan berubah-ubah sehingga banyak orang yang pindah keyakinan. Nah, berikut negara dengan agama terbanyak dirangkum dari World Population. 

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

1. China

Umat Konghucu Bersih-Bersih Vihara

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Atalia dan Ridwan Kamil Tetapkan Syarat Khusus Saat Zara Minta Izin Lepas Hijab, Apa Itu?

China mempunyai banyak kepercayaan yang diyakini oleh masyarakatnya. Sebut saja agama Hindu, Buddha, Kristen, Islam serta agama tradisional Tionghoa, termasuk Konfusianisme dan Taoisme. Kepercayaan tersebut banyak dipraktikkan oleh masyarakat Tiongkok dan jumlahnya tidak terhitung. 

2. Amerika Utara

Acapulco, Meksiko

Photo :
  • travelpulse.com

Sejumlah negara yang termasuk ke dalam bagian Amerika Utara seperti El Savador, Guatemala, Kosta Rika, Jamaika, dan Meksiko mempunyai sejumlah agama yang dianut. Seperti penganut Kristen mencapai 74,6%, Islam sebesar 1,3%, Hindu sebanyak 0,8%, Buddha mencapai 1,2%, Yahudi sebesar 1,6% lalu agama tradisional mencapai 0,4%.

3. India

Mitos Agama Hindu di India

Photo :
  • scmp.com

India adalah salah satu negara yang dikenal dengan industri film Bollywood yang mendunia. Negara menempati urutan kedua sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia dengan populasinya yang mencapai 1.5 miliar jiwa pada tahun 2022. Agama yang diyakini di sana adalah Hindu, Buddha, Islam, Kristen, Sikh, dan Jain. 

4. Thailand

patung Buddha di Maha Vihara Mojopahit

Photo :
  • Anandajoti Bhikkhu/flickr

Agama yang diyakini oleh masyarakat Thailand sangat banyak. Bukan hanya agama resmi negara dalam konstitusi Thai, tapi kebebasan beragama diberikan kepada seluruh masyarakat Thailand. Meski raja yang disahkan secara hukum harus menganut agama Buddha Theravada. 

Agama utama yang banyak dianut oleh masyarakat Thailand adalah Buddha. Penduduk Tionghoa juga mempraktekkan agama tersebut, termasuk Thao. Beberapa etnis lainnya adalah Isan kemudian ada pula yang menganut agama Kristen, Yahudi, dan Islam. 

5. Jepang

Gunung Fuji di Jepang.

Photo :
  • U-Report

Jumlah penganut agama di Jepang masing-masing adalah 87.924.087 (48,5%) untuk Shinto, 83.971.139 (46,3%) untuk agama Buddha, 1.909.757 (1,0%) untuk agama Kristen, dan 7.403.560 (4,0%) untuk berbagai agama lainnya seperti Muslim, Hindu, Yahudi maupun beberapa agama budaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya