Art Jakarta Gardens 2023 Persembahkan Instalasi Seni Luar Ruangan

Art Jakarta Gardens 2023
Sumber :
  • IG @art.koridormedia

VIVA Lifestyle – Gelaran Art Jakarta Gardens 2023 akan kembali digelar untuk memamerkan berbagai karya dari seniman lokal hingga mancanegara. Acara yang rutin diadakan setiap tahun tersebut akan digelar pada tanggal 7-12 Februari 2023 di Hutan Kota Pelataran Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sambut HUT Jakarta ke 497, Yulindra Gallery Gandeng Tiga Pelukis Yogyakarta untuk Gelar Pameran

Tahun lalu, Art Jakarta Gardens telah sukses diselenggarakan di lokasi yang sama. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Akan tetapi, mengingat kebijakan protokol kesehatan yang masih sangat ketat dan jumlah pengunjung yang banyak, pameran luar ruangan saat itu masih belum bisa dimaksimalkan.

Dark Room: Making Circles! Paduan Seni, Musik dan Culture Siap Guncang Malam Minggu Kamu

Maka dari itu, Art Jakarta Gardens tahun ini akan mengusung konsep pameran karya dengan porsi yang lebih banyak, terutama pada patung dan instalasi yang akan ditampilkan di luar ruangan.

"Kami memutuskan konsep ini supaya bisa mengisi kegiatan seni rupa dengan format yang berbeda karena memberikan porsi yang lebih kepada karya seni khususnya patung dan instalasi yang seharusnya tampil di luar ruang," jelas Enin Suprianto, selaku Artistic Director Art Jakarta Gardens 2023, dalam Media Gathering Art Jakarta Gardens 2023 di Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Anak Muda Aceh Ikuti Pelatihan Bordir, Jalan Buka Peluang Usaha

Gelaran kali ini akan menyuguhkan instalasi seni yang besar di area luar ruangan. Mengingat aturan protokol kesehatan yang mulai melonggar, diharapkan pengunjung bisa menikmati lebih banyak karya seni yang telah disiapkan.

"Kami tetap memilih lokasi yang memberi keleluasaan untuk menampilkan karya seni dan bagi publik dapat menyaksikan karya seni dengan suasana yang kami anggap paling memadai," kata Enin.

Untuk menarik minat pengunjung yang ditargetkan hingga 10.000 orang, Art Jakarta Gardens akan mempersembahkan karya dari 22 galeri seni rupa lokal dan mancanegara.

Ada 2 tenda utama dan 2 tenda tambahan untuk pameran dari galeri-galeri tersebut.

Kemudian, akan ada sekitar 25 patung dan instalasi luar ruangan yang juga akan memeriahkan pameran seni tahun ini.

Selain karya dari para seniman, Art Jakarta Gardens 2023 juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan bisnis yang akan memamerkan karyanya dalam bentuk instalasi, seperti Bibit dengan Fx Harsono, Digital maping dari perusahaan penyedia jaringan internet untuk bisnis iForte, Startup Casion dengan instalasi Charging Station untuk transportasi listrik, hingga teknologi digital dari perusahaan Gaspack.

Bukan hanya memamerkan karya seni rupa dan kontemporer, Art Jakarta Gardens 2023 akan memberikan acara hiburan pagi para pengunjung yang datang pda tanggal 8 dan 9 Februari 2023.

Pada hari tersebut, akan ada penampilan spesial yakni pentas musik dan workshop yang dikelola oleh Sofar Sound.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya