Miliki Ilmu Sakti, 5 Suku di Indonesia Ini Ditakuti oleh Warga Asing

Telinga Aruu khas Suku Dayak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Ada beberapa suku di Indonesia yang ditakuti oleh negara asing karena kekuatan mereka. Seperti diketahui, Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru negara. Masing-masing suku mempunyai tradisi dan budaya sendiri. Bahkan, ada pula yang terkenal karena mempunyai kesaktian sampai ditakuti negara asing, berikut ulasannya. 

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

1. Suku Dayak

Ilustrasi masyarakat suku Dayak di Kalimantan

Photo :
  • vstory
Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

Dayak adalah suku terbesar di pulau Kalimantan. Masyarakat suku Dayak sangat menjaga adat tradisi mereka. Orang-orang dari suku Dayak pedalaman dikenal mempunyai ilmu kesaktian yang diwariskan secara turun temurun sehingga ditakuti oleh lawan. Bahkan, menurut cerita, mereka memiliki beragam jenis santet berbahaya dan bisa menjadi senjata mematikan musuh. 

2. Suku Kajang Amma Toa

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Suku Kajang

Photo :

Suku yang terletak Sulawesi Selatan ini masuk ke dalam deretan yang ditakuti di dunia karena ilmu mereka yang disebut-sebut sebagai bisa melunakkan kepala seseorang secara tiba-tiba. Sangat menyeramkan, tidak heran bila kesaktian yang dimiliki mereka berhasil dikenal oleh banyak orang dan karena masih kentalnya budaya animisme di sana. 

3. Suku Kajang

Suku Kajang atau Adat Ammatoa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Photo :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

Orang suku Kajang memiliki ciri khas dengan pakaiannya yang serba hitam. Warna hitam untuk mereka mempunyai makna kesederhanaan dan kesetaraan. Pakaian tersebut juga memiliki tujuan agar mereka senantiasa mengingat kematian yang seketika bisa datang menghampiri mereka. 

Di kalangan masyarakat mereka, dikenal sebuah ilmu hitam yang disebut dengan doti kajang. Ilmu ini disebut-sebut bisa merenggut nyawa orang yang menjadi korbannya. Orang suku kajang juga dikatakan memiliki ilmu kebal yang dapat melembekkan kepala orang. Jika benar kabar itu, suku ini memang bikin takut masyarakat asing. 

4. Suku Asmat

Pesona Karya Seni Suku Asmat

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Suku Asmat memang dikenal dalam ilmu hitam dan bisa membuat orang mereka tidak sukai menjadi sakit misterius, sakit mendadak, atau bisa juga mengalami kecelakaan. Akibat kemampuan tersebut, banyak orang yang menakuti mereka dan enggan membuat gara-gara. 

5. Suku Baduy

Dandhy Dwilaksono, aktivis dan jurnalis saat merekam aktivitas Suku Baduy.

Photo :
  • VIVA.co.id/indonesiabiru.com

Suku yang mempunyai nama lain Kanekes tersebut diketahui berdiam diri di pedalaman wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Mereka cenderung tertutup atau introvert untuk pendatang dan menolak tegas inovasi teknologi yang sedang berkembangkan. 

Sehingga, kesan tradisional yang menyatu dengan alam dari masyarakat ini masih terus terjaga sampai ini. Masyarakat suku Baduy juga sangat kuat. Mereka sanggup berjalan kaki puluhan kilometer sehari tanpa memakai alas kaki. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya