6 Alasan Mengapa Pria Selingkuh Menurut Psikologi, No 4 Sering Kejadian

Tampang menantu dan Mertua yang kegep selingkuh
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Perselingkuhan merupakan masalah yang kerap muncul di tengah hubungan antara pria dan wanita. Bahkan, banyak kasus perceraian rumah tangga atau kandasnya hubungan asmara sering dikarenakan persoalan orang ketiga.

Pernikahan di Ujung Tanduk, Tengku Dewi Putri Siap Gugat Cerai Andrew Andika

Belajar dari kasus yang viral di media sosial soal perselingkuhan pria, beberapa dari mereka bahkan tak segan untuk terus melanjutkan hubungan terlarang meski sudah tertangkap tangan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Dalam sebuah laporan Psychology Today Senin 30 Januari 2023, relationship expert sekaligus terapis asal Amerika Serikat (AS), Robert Weiss secara khusus membahas soal hal-hal yang bisa membuat seorang pria berselingkuh.

Gugat Cerai, Anji dan Wina Natalia Ternyata Udah Ada Masalah Bertahun-tahun

Ilustrasi selingkuh.

Photo :
  • Pixabay

Alasan pria berselingkuh

Gus Zizan Sempat Dibelikan Apartemen Sebelum Ketahuan Selingkuh oleh Sang Pacar

Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa pria sejatinya dapat memilih untuk tidak berselingkuh. Meski demikian, ada saja pria yang tetap berselingkuh dari pasangannya. Weiss mengutarakan, segala macam dinamika dapat berperan dalam keputusan pria untuk terlibat dalam perselingkuhan.

Namun, pada umumnya, pilihannya untuk berselingkuh atau menipu pasangan didorong oleh satu atau lebih faktor berikut:

1. Kurang dukungan sosial

Pria yang berselingkuh mungkin tidak mendapatkan pengakuan dari pasangan untuk memenuhi kebutuhan emosionalnya. Sementara, ketika pasangan gagal dalam tugas tersebut pria cenderung lebih memilih mencari pemenuhan di tempat lain dengan berselingkuh.

2. Insecure (tidak percaya diri)

Merasa tidak percaya diri kerap kali menjadi alasan pria untuk berselingkuh, mereka merasa bahwa dirinya terlalu tua atau tidak cukup tampan, tidak cukup kaya, atau tidak cukup pintar.

Namun, sayang untuk meningkatkan kepercayaan diri tersebut pria kerap melampiaskan atau mencari validasi dari wanita selain pasangannya agar mereka merasa dibutuhkan, diinginkan dan layak.

3. Merasa istimewa

Ilustrasi pasangan atau selingkuh.

Photo :
  • Freepik/yanalya

Pria kerap berpikir bahwa dirinya istimewa dan pantas mendapatkan sesuatu yang juga istimewa yang tidak dimiliki pria lain. Pria yang berpikir seperti ini cenderung selalu memiliki cara untuk memenuhi kebutuhan dirinya, termasuk menjalin hubungan dengan orang lain kapanpun ia inginkan.

4. Muncul kesempatan

Pria yang berselingkuh mulanya mungkin tidak pernah berpikir untuk berselingkuh dari pasangannya. Namun, dikarenakan adanya kesempatan yang tiba-tiba muncul maka keinginan tersebut terbentuk. Mereka pun melakukannya tanpa berpikir tentang apa yang akan terjadi dengan hubungannya dan pasangan.

5. balas dendam

Ilustrasi suami selingkuh.

Photo :
  • U-Report

Banyak pria di dunia yang berselingkuh dengan alasan balas dendam. Dia marah dengan pasangannya dan ingin menyakiti dengan cara yang sebetulnya salah. Dalam kasus ini perselingkuhan dilakukan untuk dilihat dan diketahui. jadi, pria tersebut tidak repot-repot berbohong atau menyimpan rahasia, karena ia memang ingin pasangannya mengetahui hubungan gelapnya.

6. Kecanduan

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa perselingkuhan yang dilakukan pria memungkinkan mereka menjadi kecanduan dan akan mengulangi perbuatan buruk tersebut di kemudian hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya