Ternyata Ini Pekerjaan yang Banyak Dicari dengan Gaji Tinggi dan Cara Mempelajarinya

ilustrasi bekerja
Sumber :
  • freepik/Drazen Zigic

VIVA Lifestyle – Data Science belakangan menjadi salah satu profesi yang semakin banyak dicari perusahaan. Sebab, di era digital seperti saat ini perusahaan harus dapat menghasilkan keputusan berlandaskan data. 

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Banyak perusahaan besar di dunia yang semakin sukses karena data science. Perusahaan seperti Google, Meta, Amazon sudah jauh-jauh hari menggunakan data science untuk membuat algoritma yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan hasil bisnis yang nyata dan terukur. Scroll selanjutnya ya.

Mengutip dari Harvard Business Review, sepertiga perusahaan yang berada di puncak industri, berhasil karena mengambil keputusan berbasis data. Itu juga membuat perusahaan 5% lebih produktif dan 6% lebih menguntungkan dibanding kompetitor.

Ramalan Zodiak Senin 22 April 2024, Virgo Dapat Perhatian dari Orang Asing

Prospek Kerja Data Science

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Seperti dikutip dari Glassdoor, data science adalah salah satu bidang pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Tentu saja, hal ini dikarenakan permintaan akan talenta di bidang data science sangat tinggi, sementara penawarannya masih terbilang rendah.

Melihat fakta kebutuhan SDM data scientist semakin meningkat setiap tahun, tentunya prospek kerja data science sangat menjanjikan. Menurut data IBM, kebutuhan SDM di bidang data science melonjak hingga 28% dan akan terus berlanjut hingga beberapa tahun mendatang. 

Bahkan, LinkedIn mencatat sejak 2012 hingga sekarang, pekerjaan data science meningkat sebanyak 650%. Di Indonesia tercatat lebih dari seribu lowongan pekerjaan data science selama beberapa bulan terakhir.
Kondisi ini cukup menggambarkan betapa kebutuhan akan talenta data scientist semakin dibutuhkan perusahaan. Maka dari itu, yang kamu perlukan saat ini adalah bagaimana bisa bersaing dan memiliki skill sesuai dengan kriteria perusahaan inginkan. 

Kamu bisa mempelajari data science dengan mengikuti program bootcamp yang disediakan platform pembelajaran online. Berikut ini adalah daftar bootcamp data science terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.
Bootcamp Data Science Terbaik

1. Udemy

Ilustrasi pekerja. Foto: Pixabay

Photo :
  • U-Report

Udemy menyediakan bootcamp data science dengan total durasi 29 jam yang disesuaikan dengan kecepatan pemahaman peserta. Peserta Bootcamp data science akan mendapatkan modul pembelajaran yang dapat diunduh kapan saja.  Bootcamp data science di Udemy merupakan bagian dari program Udemy for Business yang dirancang untuk pemula yang ingin menerapkan data science untuk bisnis. 

2. QuBisa

Ilustrasi bekerja.

Photo :
  • Pixabay/hamonazaryan1

QuBisa merupakan salah satu penyedia bootcamp data science terbaik yang mesti dipertimbangkan. QuBisa menggunakan kurikulum dan metode pembelajaran praktis. Peserta akan dipandu hingga mahir dengan total durasi kurang lebih 2 bulan.

Ada beberapa materi yang akan dipelajari pada bootcamp data science QuBisa di antaranya pengenalan Data Science, termasuk teknik-teknik dan pengenalan Analytic tools. Pengaplikasian Data Science dalam berbagai sektor mulai dari e-commerce, transportasi, perbankan hingga telekomunikasi juga akan diperkenalkan.

Peserta juga akan belajar penggunaan tools yang biasa digunakan dalam Data Science seperti KNIME Analytics Platform. Bukan cuma itu, peserta juga akan mempelajari machine learning yang biasa digunakan dalam Data Science. QuBisa juga menyediakan kursus khusus tentang machine learning dan Python untuk kamu yang ingin mendalami data science. Berbeda dengan bootcamp lain pada daftar ini, proses pelatihan pada bootcamp QuBisa menggunakan Bahasa Indonesia.

3. Springboard

Ilustrasi Kerja

Photo :
  • U-Report

Bootcamp data science dari Springboard menawarkan kurikulum yang komprehensif. Peserta akan mempelajari keterampilan seperti pemrograman Python, machine learning, rekayasa perangkat lunak, dan  data wrangling. Namun bootcamp data science dari Springboard tidak diperuntukkan untuk pemula. Peserta Bootcamp memiliki setidaknya enam bulan pengalaman bidang pengkodean atau programming.

4. Thinkful

Ilustrasi bekerja

Photo :
  • Pixabay

Meskipun terbilang mahal, peserta Bootcamp Data Science di Thinkful akan dibantu untuk mendapatkan pekerjaan, khususnya untuk peserta dari Amerika Serikat. Thinkful juga bekerja sama dengan Southern New Hampshire University (SNHU). Sebanyak 70 persen lulusan Bootcamp Thinkful mendapatkan pekerjaan dalam waktu enam bulan.

5. BrainStation

Ilustrasi bekerja di rumah aja.

Photo :
  • Unsplash

Bootcamp data science di BrainStation menonjolkan fokusnya pada pengembangan proyek portofolio dalam lingkungan pembelajaran yang imersif dan interaktif, serta menggunakan kurikulum yang terus diperbarui untuk memastikan peserta selalu mempelajari keterampilan yang paling dibutuhkan industri. Biaya bootcamp data science di BrainStation dapat dicicil selama 24 bulan. Durasi bootcamp selama 12 minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya