5 Tips Aman Belanja Online, Jangan Ketipu Harga Sangat Murah

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Belanja online memang nyaman, Anda bisa bebas memilih produk dengan harga terbaik dan paket dikirimkan ke rumah tanpa perlu meninggalkan tempat Anda.

Belanja Nyaman di Shopee, Bisa Kembalikan Barang Jika Berubah Pikiran Garansi Bebas Pengembalian

Tapi, berbelanja online tidak hanya soal mendapatkan produk tepat waktu dan kualitas yang diharapkan, juga meliputi garansi yang baik dan terdapat sistem pengembalian produk bila tak sesuai, atau bantuan bila Anda menghadapi masalah. Dikutip dari Webroot, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar belanja online Anda aman dan tak terkendala.

1. Lakukan pemesanan lewat jaringan yang aman. Pastikan informasi dan password Anda tidak berpeluang dicuri.

Wamen Tiko Luncurkan Global Logistic Indonesia, Integrasikan Layanan 6 BUMN

2. Kenali toko dan reputasinya. Lakukan pemeriksaan latar belakang lewat review, jika mendapat penilaian buruk, jauhi toko itu.

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Tokopedia
Hore Honor Pengawas TPS di Depok Cair, Intip Besarannya

3. Hindari penawaran yang terlalu bagus. Bila produk yang dibeli harganya sangat murah, pertanyakan apakah produk didapat dengan cara legal, merek terkenal atau tidak, dan apakah bisa bekerja dengan baik.

4. Gunakan kartu kredit atau aplikasi pembayaran

5. Selalu periksa ketentuan pengiriman toko

Seiring dengan meningkatnya kebiasaan belanja online, industri Logistik di Indonesia menghadapi tantangan yang sebagian besar dipengaruhi oleh faktor geografis dan infrastruktur. Meskipun demikian, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa menutup tahun 2022 Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang solid sebesar 5,31 persen d imana sektor transportasi dan pergudangan turut berkontribusi.

Hal ini menunjukkan masih ada peluang bagi pelaku industri untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara dengan berinovasi menciptakan ekosistem pengiriman barang dan rantai pasok yang lebih efektif dan efisien guna membantu mobilitas barang lewat pemanfaatan teknologi, salah satunya dengan kehadiran OExpress.

Rovan Alfarry, CEO & Founder OExpress menyampaikan bahwa kehadiran OExpress memiliki visi untuk mendorong perkembangan industri logistik di Indonesia. Bahkan, industri logistik dan e-commerce saling mendukung dalam menunjang aktivitas ekonomi, terutama bagi UMKM.

Tanpa adanya logistik yang memadai dan e-commerce platform, maka proses operasional pengiriman barang dari UMKM ke masyarakat sebagai pembeli akan terhambat.

“OExpress juga lahir dari industri e-commerce, kita ingin logistik dan order management system atau e-commerce platform ini satu kesatuan, sehingga UMKM di Indonesia lebih dimudahkan, tidak ada lagi kendala yang menghambat bisnis mereka, jadi UMKM bisa tumbuh lebih cepat,” jelas Rovan.

OExpress merupakan perusahaan yang bergerak dibidang logistik yang menawarkan solusi pengiriman barang sebagai agregator dan layanan ekspedisi melalui digitalisasi dan otomatisasi pada proses pengiriman. Lewat tagline “Real-Time, Smart Delivery”, pengiriman barang melalui OExpress dapat dipantau secara Real-Time dan mengedepankan transparansi untuk memastikan barang sampai di tangan penerima. Selain itu, OExpress memiliki sistem pengiriman Smart Delivery yang dapat secara otomatis merekomendasikan pengguna untuk memilih ekspedisi terbaik dengan peringkat success rate tertinggi di OExpress, baik Non COD maupun COD pada wilayah tujuan pengiriman.

Sebagai agregator, OExpress menjadi platform yang menjembatani pihak pengirim barang dengan berbagai perusahaan ekspedisi sebagai penyedia jasa pengiriman. Pengguna layanan OExpress dapat menentukan jenis ekspedisi dan melakukan pengiriman cukup melalui satu dasbor yang telah terintegrasi dengan 3PL (Third Party Logistic). OExpress sebagai agregator akan menciptakan ekosistem logistik untuk pengiriman barang yang lebih efektif dan efisien mulai dari First Mile hingga Last Mile, menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, menghemat biaya, serta mengoptimalkan operasional pengiriman bagi masyarakat umum, pemilik bisnis, hingga UMKM.

Disamping itu, OExpress sebagai layanan ekspedisi juga menyediakan armada pengiriman dan pilihan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan pengguna, mulai dari Instant Delivery, Same-Day, Reguler, Next-Day, Ekonomis, hingga Cargo. Saat ini, layanan OExpress sebagai agregator telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Untuk operasional secara mandiri, layanan ekspedisi OExpress sudah mulai beroperasi di wilayah JABODETABEK, Karawang dan Bandung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya