Warna Warni ICREFS 2023 Dorong Optimalisasi Ekonomi Kreatif, Gekrafs Siapkan Strategi Prioritas

ICREFS 2023
Sumber :
  • ICREFS

VIVA Lifestyle – Warna Warni ICREFS adalah festival ekonomi kreatif bertaraf nasional yang pertama di Indonesia. Dalam kurun waktu singkat pasca pandemi, kita dapat merasakan meningkatnya kesadaran masyarakat akan potensi budaya dan industri kreatif. ICREFS 2023 merupakan pembuktian bahwa Ekonomi Kreatif  bukan lagi opsi alternatif melainkan sebagai elemen penting yang ikut dalam kontribusi membangun perkekonomian Indonesia.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Hal tersebut disampaikan oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga Dewan Pembina GEKRAFS. “Industri Kreatif juga dapat memiliki dampak ke masyarakat yang lebih luas, yang dapat memperkuat komunitas dan meningkatkan kesejahteraan individu. Bisnis kreativitas dan seni membawa
kesenangan bagi pengunjung, sangat potensial dan bernilai”, kata Sandi menanggapi Warna Warni ICREFS 2023 yang berlangsung sejak 3 Maret 2023 sampai 5 Maret 2023 di FX Mall Jakarta.

Sandi juga menyebutkan agar semua pemangku kepentingan harus memberikan kontribusi yang maksimal dalam proses pengembangan industri kreatif tentu dengan batas kemampuannya dan menekankan peluang yang diberikan sektor ini untuk pembangunan ekonomi. 

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

ICREFS 2023

Photo :
  • ICREFS

“Kita perlu membantu kelompok kreatif untuk merencanakan kegiatan mereka sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan di masyarakat, yang menjamin pembangunan ekonomi kreatif yang berkelanjutan”, kata Sandi.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Lebih lanjut Sandi menyampaikan ekonomi kreatif memainkan peran penting dan proporsi yang signifikan bagi masa depan Indonesia. Dalam kesempatan yang sama Ketua DPP Gekrafs, Kawendra mengatakan Warna Warni ICREFS unik dan akan menuliskan sejarah baru dalam dunia EKRAF Indonesia. ”Saatnya Gekrafs maju bersama
seluruh pelaku EKRAF di 32 provinsi 215 kota!,” tambah Kawendra. Kawendra menyampaikan bahwa GEKRAFS perlu mengembangkan strategi regional dengan prioritas keterampilan.

“Gekrafs berencana melakukan investasi menyeluruh dan memaksimalkan keterampilan regional dan juga meninjau infrastruktur serta tata kelola keterampilan di berbagai sektor kreatif" ujar Kawendra.

Gekrafs juga saat ini berupaya mendorong terwujudnya Hari Ekonomi Kreatif Nasional. “Kami saat ini mendorong pemerintah agar menetapkan Hari Ekonomi Kreatif Nasional sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepala pelaku industry kreatif yang tidak saja berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi tetapi juga pembangunan kebudayaan dan karakter bangsa”, kata Kawendra

Secara khusus Rizky Diansyah ketua komite penyelenggara Warna Warni ICREFS 2023 menyampaikan ucapan terimakasih kepada stakeholder dan mitra yang mendukung terlaksananya Event ini. “Kemitraan dan kolaborasi BritAma Bisnis ini sangatlah penting. Britama Bisnis sebagai infrastruktur dan medium yang cocok untuk mendukung sistem keuangan yang kuat karena layanan dan fasilitas keuangan yang sangat cocok dengan pelaku industri kreatif. Keterlibatan BritAma memberikan ruang dan kemudahan kepada pelaku Ekraf dalam melakukan pengembangan dan potensi ekonominya”, tambah Rizky Diansyah.

"Acara ini akan dilaksanakan setiap tahun untuk terus memacu geliat ekonomi kreatif Indonesia, sehingga tercipta lebih banyak lagi pelaku ekraf dan titik titik pariwisata terbarukan di Indonesia" tutup Rizky Diansyah. Dalam acara ini beragam kegiatan dihelat termasuk 10 talkshow dan booth pameran dari 17 sub sektor ekonomi kreatif.

Juga hadir Shandy Sandoro, Shakira Jasmine, Audi Emmanuela, Nemo, Satrina Dmello, Tiga PeKa, Orkes PJM. Obat Rindu, DJ Yosia, Hujan Esok Hari, D’Gampangan, Fifty More, Sabrina Loop, Joice Yulia. Acara ICREFS didukung oleh SRN Entertainment dan Musica Studios. Event Festival Ekonomi Kreatif Nasional Pertama di Indonesia akan dihelat bersama dengan Rakornas GEKRAFS. Yang akan dilaksanakan di hotel Sultan tanggal 3 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya