6 Tanda-tanda Kiamat yang Tidak Disadari Umat Manusia

Ilustrasi kiamat.
Sumber :
  • http://www.evogood.com

VIVA Lifestyle – Saat peristiwa itu terjadi, umat manusia tidak menyadari beberapa tanda akhir dunia alias kiamat sudah muncul. Menurut Islam, peristiwa yang dikenal dengan Hari Kiamat atau Yaumul Qiyamah ini akan didahului dengan beberapa tanda akhir dunia yang menandakan bahwa akhir zaman sudah dekat. 

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Sementara beberapa dari tanda-tanda ini telah dikenali dan dibahas secara rinci oleh umat Islam, ada tanda-tanda lain yang masih belum diketahui manusia. Tanda-tanda ini diyakini begitu kuat dan luar biasa sehingga berada di luar pemahaman kita dan hanya akan terlihat ketika akhir sudah tiba. 

Salah satu tanda kiamat yang tidak disadari manusia dalam Islam adalah munculnya hewan atau Dabbat al-Ardh. Makhluk itu diyakini sebagai monster yang akan muncul dari bumi dan berbicara dengan manusia, mengumumkan bahwa akhir dunia sudah dekat.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Tanda-tanda kiamat yang tidak disadari oleh manusia di Islam lain adalah terbitnya matahari dari barat, munculnya al-Mahdi, turunnya Nabi Isa AS, tiupan terompet, dan munculnya Ya' juj dan Ma'juj. Umat Islam yakin bahwa tanda-tanda itu bakal terjadi meski tidak disadari. Nah, berikut ulasan selengkapnya

1. Munculnya Binatang Dabbat al-Ardh

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Dabbah.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami,” (QS An-Naml: 82).

2. Terbitnya Matahari dari Barat

Matahari terbit.

Photo :
  • U-Report

Surat At-Takwir Ayat 1-13

Artinya : “Ketika matahari digulung, (1) dan ketika bintang-bintang berjatuhan, (2) dan ketika gunung-gunung dihancurkan, (3) dan ketika unta-unta bunting ditinggalkan, (4) dan ketika hewan-hewan liar dikumpulkan, (5 ) dan ketika lautan memanas, (6) dan ketika roh bertemu. (7) Ketika dikuburkan bayi perempuan dihidupkan kembali dan ditanya (8) untuk dosa apa dia dibunuh, (9) dan ketika catatan dibuka, (10) dan ketika langit dilenyapkan, (11) dan ketika api neraka dinyalakan, (12) dan ketika langit didekatkan (13),” (QS. At-Takwir: 1-12)

3. Munculnya Imam Mahdi

Ilustrasi Imam Mahdi.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al-Kitab(Al-Qur'an) untuk manusia dengan membawa kebenaran; siapa yang mendapat petunjuk, maka (petunjuk itu) untuk dirinya sendiri; dan siapa yang sesat, maka sesungguhnya dia semata-mata sesat buat (kerugian)dirinya sendiri, dan kamu sekali-kali bukanlah orang yang bertanggung jawab terhadap mereka. Allah memegang jiwa (orang)ketika matinya dan (memegang)jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahan jiwa(orang)yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir,” (QS Az-Zumar: 41-42).

4. Turunnya Nabi Isa

Ilustrasi kedatangan Nabi Isa.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka,” (QS An-Nisa: 159).

5. Peniupan terompet

Ilustrasi terompet sangkakala.

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Dan tiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing),” (QS Az-Zumar: 68).

6. Munculnya Ya'juj dan Ma'juj

ilustrasi kiamat kubra

Photo :
  • U-Report

Artinya: “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi,” (QS Al-Anbiya: 96).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya