Deretan Tradisi Menyambut Bulan Ramadhan di Berbagai Negara

sedekah bulan ramadhan
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Biasanya bulan suci tersebut akan disambut dengan suka cita oleh para umat Muslim. Misalnya saja seperti melakukan tradisi-tradisi untuk menyambut bulan Ramadhan.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Setiap negara bahkan memiliki tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut bulan suci. Apa saja tradisi tersebut? Berikut ini deretan tradisi menyambut bulan Ramadhan di berbagai negara yang dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat, 10 Maret 2023. 

1. Mesir

Maroko Masuk dalam 5 Besar Negara Terkaya di Afrika

Misteri Pertengahan bulan Ramadhan

Photo :
  • U-Report

Tradisi menyambut bulan Ramadhan di Mesir adalah dengan acara yang disebut Mawa’id al-Rahman yang berlangsung selama dua minggu sebelum bulan puasa dimulai. Saat acara ini berlangsung akan ada panggung-panggung kecil di jalan-jalan kota yang menawarkan hidangan tradisional seperti falafel, hummus dan makanan ringan lainnya. 

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Selain itu, orang-orang Mesir juga akan menyediakan berbagai hidangan secraa besar-besaran dan mewah pada malam pertama Ramadhan yang dikenal sebagai Iftar Mawsimy.

Ilustrasi menu Ramadhan.

Photo :
  • Ist.

Dalam menyambut bulan Ramadhan, biasanya orang Indonesia akan melakukan tradisi munggahan. Apa itu? Munggahan sendiri merupakan sebuah tradisi untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya'ban. Misalnya seperti berkumpul bersama keluarga dan kerabat atau teman dengan makan bersama, saling bermaafan, dan berdoa bersama.

Ilustrasi bangunan masjid jelang bulan Ramadhan

Photo :
  • pinterest

Biasanya, tradisi menyambut Ramadhan di Arab Saudi adalah dengan menggantungkan lampu-lampu khusus yang dikenal sebagai Fanous Ramadhan di sepanjang jalan-jalan kota. Selain itu, orang-orang Saudi juga mengadakan acara Al-Majlis, acara berkumpul bersama keluarga dan teman-teman pada malam-malam Ramadhan untuk makan bersama dan berbincang-bincang.

Maroko

Photo :
  • Traveler

Sementara itu, tradisi menyambut Ramadhan  di Maroko dilakukan dengan acara Lila Moulid, acara musik dan tarian yang diadakan di malam pertama Ramadhan. Selama Ramadhan, masyarakat Maroko juga biasanya akan mengadakan pasar-pasar yang menawarkan hidangan khas Maroko seperti harira, sup tomat dan kacang-kacangan, hingga kue-kue khas Maroko.

Bulan suci Ramadhan

Photo :
  • pixabay

Terakhir adalah tradisi yang dilakukan di Pakistan untuk menyambut bulan Ramadhan. Biasanya orang muslim Pakistan akan mengadakan acara Chowk Yadgar, acara di mana orang-orang berkumpul di alun-alun kota untuk menggantungkan lampu-lampu dan dekorasi-dekorasi khusus yang menandakan datangnya Ramadhan. 

Selain itu, mereka juga akan mengadakan acara sehri, acara makan bersama sebelum fajar tiba dan Iftar yakni acara makan bersama setelah matahari terbenam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya