Lestarikan Tradisi, 5 Negara di Dunia Ini Legalkan Poliandri

Rajo Verma, Pelaku Poliandri di India
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA Lifestyle – Poligami mungkin sudah menjadi sesuatu yang umum didengar oleh banyak orang. Praktik ini merujuk pada seorang pria yang mempunyai lebih dari satu orang istri. Namun, mungkin saja ada yang masih awam dengan istilah poliandri. Poliandri merupakan istilah yang merujuk pada seorang wanita yang mempunyai lebih dari satu orang suami

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Di banyak negara, termasuk Indonesia, poliandri adalah salah satu hal yang tabu. Namun demikian, ada beberapa negara di dunia yang memperbolehkan praktik tersebut bahkan menganjurkan masyarakatnya untuk melakukan poliandri. Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut negara yang memperbolehkan poliandri. 

1. India

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Rajo Verma, Pelaku Poliandri di India

Photo :
  • dailymail.co.uk

Di negara tersebut, praktik poliandri sudah ada sejak lama. Melansir dari guardian.ng, masyarakat India meyakini bahwa adalah keturunan dari Pachi Pandawa, lima orang laki-laki yang merupakan suami dari Drupadi, putri Raja Panchala. 

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

Karena itu, sistem pernikahan poliandri dipandang sebagai salah satu tradisi yang masih dijalankan sampai saat ini oleh beberapa suku yang ada di India. Mereka biasanya tersebar di bagian Utara negeri Bollywood tersebut. 

2. Nepal

Tenzing-Hillary Airport, Nepal

Photo :
  • Mirror

Poliandri adalah sesuatu yang umum dilakukan di negeri ini. Tidak ada hukum yang melarang praktik tersebut. Lain halnya dengan poligami yang sudah dilarang sejak 1963. Poliandri dianggap sebagai salah satu tradisi yang harus dilestarikan. 

Hal unik yang biasanya dijumpai adalah ketika seorang wanita menikahi anak laki-laki pertama di sebuah keluarga. Dia kemudian akan menikahi dari suaminya tersebut. Jika wanita itu mempunyai anak, sang anak akan memanggil semua suaminya dengan sebutan ayah. 

3. China

Suku Mosuo.

Photo :
  • U-Report

Sejumlah penduduk China yang berada di dekat Pegunungan Himalaya sudah lama mempraktikkan poliandri. Sebuah suku yang bermukim di dekat Danau Lugu misalnya. Suku bernama Mosuo ini sudah lama menjalankan tradisi nikah jalan. 

Tradisi ini dilakukan karena miskinnya masyarakat di wilayah tersebut sampai mereka tidak bisa membentuk keluarga baru yang terpisah dari orang tua. Untuk mengatasi masalah tersebut, tradisi pria yang mengunjungi wanita dan bermalam di sana adalah sesuatu yang lumrah. 

4. Nigeria

playboy Nigeria

Photo :
  • The sun

Di bagian utara negara ini, tepatnya di wilayah Irigwe adalah kelompok masyarakat yang memperbolehkan wanita untuk memiliki beberapa pasangan yang disebut rekan suami. Dalam praktik ini, pihak wanita biasanya datang ke rumah rekan suami dan bermalam bersama. Praktik ini sempat dilegalkan sampai 1968 sebelum pemerintah melarangnya. 

5. Kenya

Suku Masai, Kenya, Afrika.

Photo :
  • http://www.mbakbro.com

Kenya tidak mempunyai hukum resmi yang secara khusus melarang praktik perkawinan poliandri. Ada sebuah suku bernama Massai yang mendiami danau besar di Afrika yang menerapkan poliandri. Dalam tradisi mereka, jika seorang wanita menikah, maka ia juga menikahi teman sebaya sang suami. 

Bukan hal aneh bila teman-teman sang suami bermalam dengan pihak wanita. Kelak, anak yang dilahirkan secara otomatis akan dianggap sebagai anak sang suami. Awalnya, pihak wanita tak mempunyai hak untuk menolak hal tersebut. Namun kini, wanita sudah mempunyai pilihan untuk menemani pria yang bukan suaminya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya