Chuando Tan, Viral karena Awet Muda di Usia 57 Tahun

Chuando Tan
Sumber :
  • IG @chuando_chuandoandfrey

VIVA Lifestyle – Sudah enam tahun sejak Chuando Tan menjadi sensasi online karena penampilan muda dan fisiknya yang kuat pada usia 51 tahun.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Model dan direktur artistik ini masih ingat dengan jelas bagaimana rasanya terbangun dengan kejutan pada bulan Juli 2017, setelah sebuah situs online China menampilkan profil Instagram-nya, yang akhirnya menyebabkan banjir perhatian dari mana-mana. Scroll lebih lanjut ya.

“Banyak pesan dari orang asing di seluruh dunia. Bahkan stasiun TV dan situs berita terkemuka, mereka semua ingin tahu bagaimana saya melakukannya,” kata orang yang menggambarkan dirinya sebagai introver biru dan mengaku awalnya kewalahan dan tinggal di rumah selama dua minggu.

Tinggal di Sini 100 Hari Bisa Awet Muda

Sekarang Tan berusia 57 tahun, perlahan-lahan menerima dan beralih ke peran poster boy penuaan aktif panas untuk 1,2 juta pengikutnya di Instagram.

Dijuluki Vampirnya Indonesia karena Awet Muda, Ricky Harun: Makan Darah Suci

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan presenter CNA Dawn Tan mengaku bahwa pertanyaan terus-menerus tentang bagaimana dia mempertahankan penampilan mudanya.

“Skhirnya sampai ke saya. Saya merasakan tekanannya. Karena, jauh di lubuk hatiku aku tahu aku tidak semuda itu. Saya menua. Jadi saya tidak akan memberikan kesan palsu bahwa saya selamanya muda. Mungkin mereka semua menginginkan jalan pintas, rahasia bagaimana menjaga kemudaan mereka bukan?,”

“JAUH DI DALAM, SAYA TAHU SAYA SUDAH 56”

Chuando Tan

Photo :
  • IG @chuando_chuandoandfrey

Namun, pada saat yang sama, Tan menyadari bagaimana dia telah menjadi inspirasi bagi orang-orang dan meremehkan anggapan bahwa popularitasnya hanya karena ketampanannya.

“Saya pikir saya tidak terlalu tampan sampai-sampai menjadi viral, sejujurnya. Saya ingin berpikir bahwa orang-orang mengikuti saya karena saya berusia 56 tahun, mungkin itu memberi mereka harapan untuk mempelajari satu atau dua hal tentang menjalani gaya hidup sehat," katanya.

Sementara Tan setuju, genetika berperan, dia berbagi bahwa perjalanan kesehatan dan kebugarannya dimulai sejak usia muda. 

“Itu terjadi secara alami, organik. Saya berusia awal 20-an ketika saya memulai perjalanan kebugaran saya, mengangkat beban dan mengikuti jenis diet tertentu… Itu adalah gaya hidup yang tetap bersama saya sampai hari ini,” katanya.

Sebagai catatan, Tan mengatakan sarapan khasnya terdiri dari protein shake, atau oatmeal dengan telur, madu, dan alpukat, sedangkan makan siang dan makan malam biasanya berupa ayam atau ikan kukus atau panggang dalam kaldu dengan nasi.

Dia menghindari organ dan makanan olahan, tetapi menambahkan tidak segan untuk makan gorengan seperti tempura atau makanan penutup seperti es krim. Aspek penting lainnya dalam gaya hidupnya adalah mempertahankan pola pikir positif. 

“Kamu tahu, setiap kali kami mendengar orang mengatakan bahwa kamu terlihat sangat baik hari ini, kamu akan terlihat bahagia. Bukankah bagus kalau kita bisa menjiwai diri sendiri dengan pola pikir seperti itu, berpikiran positif, sehat, muda? Saya berpikir melalui periode waktu tertentu, perasaan itu pada akhirnya akan menjadi Anda," ujarnya.

“KETIKA SAYA MENCAPAI 60, AKU MASIH MELAKUKAN APA PUN YANG SAYA SUKA”

Chuando Tan

Photo :
  • IG @chuando_chuandoandfrey

Namun, seperti orang lain, Tan berpikir tentang menjadi tua.

“Saya akan berbohong jika saya mengatakan bahwa tidak pernah terlintas dalam pikiran saya bahwa saya ingin belajar bagaimana tidak menua. Tapi ini sesuatu yang tidak bisa (dihindari) karena penuaan tidak bisa dihindari,” ujarnya.

Dia menyindir sementara para pengikutnya mungkin memandangnya sebagai "maskot" yang "muda selamanya" seperti Dorian Grey, dia meledakkan gelembung mereka, suatu hari pada suatu waktu dengan menunjukkan bahwa saya menua secara alami, di postingannya.

Jadi apa kabar Tan dalam waktu dekat? Selain melanjutkan bisnisnya saat ini (studio fotografi ChuanDo & Frey dengan Frey Ow, dan Manajemen AVE) dan pengejaran lainnya (dia melakukan debut aktingnya di film Precious Is The Night), ada juga proyek buku yang akan datang.

"Ini tentang “perjalanan dan perspektif saya menuju kehidupan”, kata lulusan Akademi Seni Rupa Nanyang.

Adapun untuk melihat ke depan, dia hanya ingin melanjutkan apa yang telah dia lakukan. 

“Pada saat saya mencapai usia 60, tentu saja saya masih akan melakukan apa pun yang saya sukai, tetapi saya ingin menjaga diri saya, kesehatan mental, dan semua itu,” katanya.

“Saya ingin sekali mengunjungi dunia, dan kemudian mungkin untuk terus menginspirasi orang, dengan rutinitas saya, dengan latihan saya – itu akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya