Selain Produksi Sendiri, 3 Cara Ini Bisa Raih Uang Lewat Makanan

Ilustrasi makanan beku atau frozen food.
Sumber :
  • The Sun

VIVA Lifestyle –  Kuliner menjadi salah satu hal yang menjanjikan dalam meraih uang. Namun bagi mereka yang tidak bisa mengolah makanan, jangan berkecil hati.

Kinerja Industri Pengolahan RI Kuartal I-2024 Moncer, BI: Ada di Fase Ekspansi

Ada berbagai cara dalam meraih uang di dunia kuliner selain menjual produk sendiri. Berikut beberapa diantaranya:

1. Menjadi reseller

5 Jenis Minuman yang Menghambat Penurunan Berat Badan

Ilustrasi kuliner Korea.

Photo :
  • Freepik/foodiesfeed

Anda dapat menjadi reseller produk makanan atau minuman dari produsen lain. Dengan menjadi reseller, Anda tidak perlu repot memproduksi sendiri produk makanan atau minuman, namun tetap dapat memperoleh keuntungan dari penjualan.

Tempat Ini Sajikan Nuansa Hingga Musik di Era 1920an

2. Menjadi mitra dari produsen makanan atau minuman

Ilustrasi Teman Nongkrong dan Selera Bahari

Photo :
  • BMI

Anda dapat menjadi mitra dari produsen makanan atau minuman tertentu, dengan cara menyediakan tempat untuk memasarkan produk mereka. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang terjadi di tempat Anda.

Seperti pada PT Berjaya Makmursukses Indotama atau BMI sebagai pemilik brand Teman Nongkrong dan Selera Bahari ingin para pengusaha bisnis kuliner menjadi mitra dan tumbuh bersama sejalan dengan misi untuk menciptakan dan melahirkan pengusaha kompeten dan profesional dibidang kuliner.

Bisnis kuliner yang diusung oleh mereka melalui brand Teman Nongkrong dan Selera Bahari berbeda dengan sistem lainnya. Dengan sistem bisnis Kemitraan, tidak ada franchise fee dan royalti fee untuk Brand tersebut.

Sistem kemitraan ini akan sangat membantu pelaku bisnis kuliner melalui tidak adanya bagi hasil. 

“Kami ingin lebih dalam memperkenalkan brand Teman Nongkrong dan Selera Bahari kepada masyarakat. Kami yakin konsep dan sistem kemitraan kami akan disukai oleh para pelaku bisnis, dimana tidak adanya franchise fee dan royalti fee pada kontrak kerja sama kami," kata Claudia Zevanya, CMO PT BMI dalam keterangan tertulisnya.

“Selain itu, Mitra-mitra kami pun tidak dibebankan bagi hasil omset mereka, biaya administrasi dan monopoli Bahan Baku serta menu. Jadi, nantinya omset outlet 100% milik mitra,” sambungnya.

3. Menawarkan jasa konsultasi kuliner

Susu evaporasi untuk bahan pembuat kue dan makanan

Photo :
  • Pixabay/ moiranazzari

Jika Anda memiliki pengalaman dalam industri kuliner, Anda dapat menawarkan jasa konsultasi kuliner untuk orang-orang yang ingin memulai bisnis kuliner. Dalam hal ini, Anda dapat memberikan saran mengenai menu, branding, dan strategi pemasaran untuk bisnis mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya