Doveland, Kota yang Lenyap Secara Misterius 1.000 Warganya Dilaporkan Hilang

Ilustrasi kota mati.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Beberapa kali mungkin Anda pernah mendengar cerita soal kota yang menghilang secara misterius. Diceritakan dahulu kota itu dihuni banyak penduduk namun akibat beberapa persoalan kota itu lenyap tanpa jejak.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Dari banyaknya cerita soal kota yang hilang, Atlantis adalah salah satu cerita paling populer. Kota ini dikisahkan telah ditelan oleh laut dan hilang selamanya. Tentu selain Atlantis di dunia ini masih terdapat banyak kota yang memiliki nasib serupa.

Ilustrasi sosok misterius di tangga

Photo :
  • U-Report
Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Salah satunya seperti kota kecil bernama Doveland, kota itu viral dan kerap dibahas warganet di media sosial. Diketahui kota itu adalah tempat yang konon berada di salah satu negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat.

Mengutip Ranker, Jumat, 17 Maret 2023, Doveland dikabarkan hilang dan tak ditemukan lagi sejak tahun 1990-an. Bahkan di peta sejarah kota itu juga tak terlihat. Lantas beragam spekulasi pun muncul akibat informasinya yang masih simpang-siur.

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

Seorang narasumber bernama Jamie Ivanov mengaku bahwa ia dan keluarganya pernah tinggal selama beberapa tahun di Doveland. Menurutnya kota itu hancur akibat sebuah insiden. “Hal utama yang saya ingat adalah bahwa itu (hilangnya Doveland) ada hubungannya dengan "Project Sanguine" di awal tahun 60-an. Saya rasa itu. Tetapi kota itu hancur setelah sebuah insiden,” ungkap orang itu

Terlepas dari kebenaran cerita tersebut, spekulasi liar telah meluas di media sosial. Beberapa orang beranggapan kota itu sengaja dihancurkan dan beberapa lagi menyebut Doveland berpindah ke dimensi lain.

Sementara penjelasan terakhir tentang Doveland diduga pernah terbit di salah satu media lokal bernama Post-Crescent di Appleton dengan judul ‘Lebih dari 1.000 orang Wisconsin dilaporkan hilang’

Meski demikian artikel tersebut hanya mengisahkan informasi keseluruhan orang hilang yang terdiri dari individu-individu dari seluruh wilayah di Wisconsin dan tak sama sekali menyinggung soal Doveland.

Berdasarkan artikel tersebut banyak yang menduga bahwa 1.000 orang itu merupakan penduduk Doveland. Meski demikian, kurangnya bukti dan informasi terkait kebenarannya membuat warganet banyak yang masih ragu, tak sedikit yang beranggapan bahwa cerita tentang tempat itu hanyalah ‘legenda internet’.

Meski demikian beberapa orang beranggapan Doveland sebelumnya benar-benar ada, namun akibat melempemnya ekonomi ditambah lokasinya jauh dari pusat kota, membuat para penduduknya memilih untuk meninggalkan tempat itu (urbanisasi).

Pripyat, kota mati akibat tragedi Chernobyl

Photo :
  • Tour of Chernobyl
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya