Ramadhan Pengeluaran Membengkak, Ini 5 Tips Belanja Hemat

Ilustrasi belanja/supermarket.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA Lifestyle – Meski berpuasa, pengeluaran rumah tangga biasanya membengkak saat bulan Ramadhan, karena ditambah dengan membeli makanan berbuka dan sahur, yang biasanya berbeda menu. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Satu trik yang paling ampuh untuk membatasi pengeluaran agar tak membengkak, tentu saja dengan menghemat dan menyiasatinya ketika belanja. Bagaimana caranya? Berikut trik belanja hemat, agar pengeluaran tak membengkak. Moms, wajib perhatikan. 

Bandingkan harga
Selalu cek berapa saja harga barang dengan cermat dan kalkulasikan. Bandingkan harga produk dari satu tempat ke tempat lain, dan pastikan Anda mendapat harga terendah. 

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Ilustrasi belanja di minimarket.

Photo :
  • U-Report

Belanja karena butuh bukan ingin
Salah satu kekurangan belanja kebutuhan rumah dengan troli atau kereta belanja, Anda selalu ingin memenuhinya dengan banyak barang belanjaan sampai troli penuh. Padahal, sebelumnya barang yang Anda butuhkan hanya sedikit atau tidak sampai memenuhi troli. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Buat list belanja
Selalu siapkan daftar belanjaan dari rumah. Dengan cara ini, Anda hanya perlu membeli barang yang ada dalam list, dan tidak perlu membeli yang tidak dibutuhkan. 

Teliti harga diskon
Hindari sebisa mungkin tawaran diskon yang ada di supermarket. Anda harus tetap berhati-hati, bisa saja itu termasuk harga normal. Biasanya supermarket meletakkan beberapa produk di tengah-tengah produk lainnya yang berdiskon. Sedangkan harga produk ternyata adalah normal.

Periksa ulang barang belanja sebelum membayar
Lakukan pemeriksaan ulang barang yang akan Anda beli di keranjang belanja. Cek atau pikir ulang untuk membatalkan sebagian barang yang dirasa tidak perlu. Setelah itu, Anda baru boleh ke kasir. 

Founder & Chief Executive Officer Cosmart, Alvin Kumarga mengatakan, e-commerce Cosmart, hadir dengan berbagai kemudahan untuk mendukung pengalaman berbelanja bagi masyarakat di daerah Jabodetabek. 

"Di mana dengan adanya Cosmart para konsumen kami bisa dengan tenang menjalankan ibadah dan merasakan pengalaman berbelanja dengan jaminan harga termurah," kata Alvin dalam keterangannya, dikutip Rabu 22 Maret 2023. 

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • Paymill

Alvin melanjutkan, e-commerce ini menawarkan one stop solution untuk konsumen agar dapat berbelanja dengan akses yang lebih mudah. Hadir dengan inovasi baru dan menjadi pionir e-grocery berlangganan, masyarakat dapat membeli produk dengan kualitas tinggi yang dijual dengan harga termurah dibanding platform e-commerce lain. 

"Dengan bergabung menjadi member, pelanggan dapat membeli produk dengan harga yang pasti termurah, garansi uang kembali apabila tidak puas, dan mendapatkan gratis ongkir. Cosmart juga memastikan seluruh barang yang dijual memiliki kualitas terbaik, karena sudah melewati proses kurasi yang ketat dan teliti dari setiap brand," paparnya. 

"Dengan menjadi anggota CosClub (membership Cosmart), konsumen akan mendapatkan banyak keuntungan, seperti belanja lebih hemat hingga 30 persen, gratis ongkir dan bisa menikmati produk gratis di setiap pembelian sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku," imbuh Alvin Kumarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya