Tips Anti Pusing Jalani Puasa ala Zaidul Akbar

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle – Pada Kamis 23 Maret 2023 umat muslim di Tanah Sir sudah mulai menjalankan ibadah ramadhan 1444 H.  Puasa Ramadhan tahun ini cukup berbeda dengan puasa di tahun sebelumnya, saat ini umat muslim sudah mulai beraktivitas seperti biasa. 

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Berkaitan dengan puasa, beberapa orang yang menjalankan puasa mengalami beberapa keluhan sebut saja kepala pusing. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami pusing saat menjalankan puasa. Salah satu diantaranya adalah dehidrasi. Scroll lebih lanjut ya. 

Dehidrasi membuat tubuh Anda tidak bisa berfungsi dengan baik. Beberapa gejala dari dehidrasi adalah pusing, lemas, jarang buang air kecil, dan urine berwarna lebih gelap. Selain itu, kekurangan glukosa dalam tubuh dapat membuat otak kekurangan energi untuk melakukan fungsinya. Akibatnya, Anda merasa lemas dan pusing saat puasa.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Terkait dengan gejala pusing yang dialami saat berpuasa, pendakwah sekaligus praktisi kesehatan herbal, dr. Zaidul Akbar memberikan resep untuk mengatasi pusing saat menjalankan puasa. Salah satunya dengan menggunakan rempah-rempah Indonesia.

Waspada Kolesterol Naik Usai Lebaran! Ini Rahasia dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi

"Ini resep sangat baik untuk digunakan untuk teman-teman yang sedang berpuasa dan mengalami pusing. Isinya adalah jahe merah, sereh, garam mineral non refinasi, dan madu," kata dr. Zaidul Akbar seperti dikutip dari akun instagramnya.

Berikut ini bahan dan cara membuatnya:

Rempah-rempah di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVAnews/ Dwi Royanto.

Bahan-bahan:

- Jahe merah yang dipotong secukupnya
- Sereh yang dipotong secukupnya
- garam mineral non refinasi secukupnya
- madu 1-2 sd
- satu gelas air panas

Cara mengolah

1. Masukkan jahe dan sereh ke dalam gelas 
2. Masukkan air panas 
3. tambahkan garam lalu madu. 

"Konsumsi ini baiknya setelah berbuka saat pusing-pusing tapi bukan hanya pusing saja, banyak manfaat lain juga," ungkap dr. Zaidul Akbar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya