9 Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia, Ada Indonesia?

Alami Suhu Dingin yang Ekstrem di Afghanistan.
Sumber :
  • BBC Photo.

VIVA Lifestyle – Menurut World Happiness Report, ada enam faktor yang dipertimbangkan untuk membantu menjelaskan variasi tingkat kebahagiaan. Keenam faktor tersebut antara lain, dukungan sosial, kesehatan, pendapatan, kebebasan, kemurahan hati dan tidak adanya korupsi. 

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Beberapa negara berikut ini, nampaknya tidak memenuhi kriteria tersebut, sehingga dikategorikan sebagai negara-negara paling tidak bahagia di dunia. Lalu, negara mana saja yang masuk dalam daftar ini? Apakah Indonesia termasuk? Berikut daftar negara paling tidak bahagia di dunia, dilansir Times of India, Jumat 24 Maret 2023. Yuk, scroll.

Afghanistan
Dari 137 negara, Afghanistan menempati peringkat terakhir dalam indeks kebahagiaan. Hal ini dikarenakan harapan hidup di sana rendah dan banyaknya tantangan lain yang dihadapi bahkan sebelum pandemi. 

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • timesofisrael.com

Lebanon
Lebanon berada di urutan setelah Afghanistan dengan peringkat kehidupan rata-rata, lebih dari 5 poin lebih tinggi dari negara paling bahagia, pada skala 0 sampai 5. 

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Sierra Leone
Sierra Leone dinobatkan sebagai negara paling tidak bahagia ketiga di dunia dan paling tidak bahagia di benua Afrika. 

Zimbabwe
Zimbabwe berada di posisi keempat menurut statistik World Happiness Report. Negara ini hanya bernasib sedikit lebih baik dari Afghanistan, Lebanon, dan Sierra Leone, yang terus-menerus dilanda perang. 

Republik Demokratik Kongo
Dengan sejarah panjang konflik yang terjadi di negara ini, adanya ketidakstabilan, pergolakan politik, pemerintahan otoriter, dan pemindahan paksa penduduk, Republik Demokratik Kongo, menempati urutan ke-5 sebagai negara paling tidak bahagia di dunia. 

Bostwana
Bostwana sekali lagi masuk dalam daftar negara paling tidak bahagia di dunia. Bostwana hanya beberapa langkah di depan negara-negara seperti Afghanistan dan Lebanon. 

Malawi
Negara ini masuk dalam daftar disebabkan oleh beberapa hal, seperti pertumbuhan penduduk yang cepat, tanah yang tidak subur, dan kurangnya irigasi di negara tersebut. 

Potret kehidupan kaum Albino di Tanzania, Sabtu (1/10/2016). Di Tanzania, mereka yang albino akan dibunuh, diburu dan untuk perempuannya diperkosa karena dipercaya obat untuk AIDS.

Photo :
  • VIVA.co.id/dailymail

Komoro
Karena Komoro merupakan negara yang rentan terhadap pergolakan politik dan kudeta, Komoro masuk dalam daftar negara paling tidak bahagia di dunia. 

Tanzania
Tanzania ada dalam daftar ini karena skornya lebih rendah di semua indeks utama yang dibutuhkan untuk mendapatkan skor baik dalam World Happiness Report.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya