6 Masjid di Indonesia dengan Desain Mewah dan Megah

Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar
Sumber :
  • VIVA / Adi Suparman

VIVA LifestyleIndonesia menjadi salah satu negara yang didominasi dengan umat Muslim yang beragama Islam. Sehingga ada banyak sekali masjid yang dibangun dan bahkan ada yang sangat megah dan mewah. Masjid sendiri merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim seperti sholat dan membaca Al-Quran. 

Pemprov DKI Tak Gelar Solat Idul Fitri di JIS

Selain itu, masjid juga berfungsi untuk memakmurkan Islam dengan dakwah, pendidikan serta kegiatan sosial seperti pembagian zakat, qurban, pernikahan, diskusi masalah umat dan yang lain-lain. Lantas masjid mana saja yang memiliki desain mewah dan megah di Indonesia? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Masjid Istiqlal, Jakarta

Top Trending: Pertamina Bebastugaskan Arie Febriant Hingga Pria Tampar Wanita Gegara Disebut Alien

Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia dengan luas bangunan sebesar 24.200 meter persegi dan luas tanah 98.247 meter persegi. Istiqlal diresmikan pada tahun 1978 dan memiliki arsitektur modern yang sangat megah yang mampu menampung hingga 200 ribu jemaah. 

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

Masjid ini memiliki kubah yang besar dan juga menara yang tinggi. Masjid Istiqlal dibangun dengan model Modern-Tropis, bangunan yang mampu mengikuti perkembangan zaman. Sehingga tidak perlu mengubah desain aslinya karena gaya bangunannya tidak akan lekang oleh waktu dan terlihat jadul. 

2. Masjid Al Jabbar, Bandung

Masjid Raya Al Jabbar Provinsi Jabar

Photo :
  • VIVA / Adi Suparman

Masjid Al Jabbar masih terbilang sangat baru karena diresmikan pada 30 Desember 2022 lalu. Masjid yang letaknya berada di Gedebage, Bandung, Jawa Barat ini memiliki luas lahan 25, 9 hektar. 

Al Jabbar didesain langsung oleh Ridwan Kamil saat dirinya masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Ridwan Kamil mendesain Masjid Al Jabbar ini dengan ramah lansia dan disabilitas. Terdapat akses ramp dan 2 lift serta ada ruang wudhu dan toilet khusus difabel. 

Konsep Masjid Al Jabbar Bandung ini berasal dari rumus matematika yakni rumus aljabar. Bisa dilihat dari ornamen rumit, namun mengesankan dengan memiliki 27 pintu sebagai simbol ada sebanyak 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

3. Masjid Sheikh Zayed, Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Photo :
  • Youtube Setpres

Masjid Sheikh Al Zayed yang terletak di Gilingan, Banjarsari, Solo ini baru saja diresmikan pada 14 November 2022 lalu. Masjid ini merupakan hadiah dari Putra Mahkota Abu Dhabi yakni Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nahyan. Bahkan seluruh biaya pembangunan masjid juga ditanggung oleh pemerintah UEA. 

Salah satu destinasi wisata religi baru di Kota Solo ini merupakan replika dari masjid aslinya yakni Grand Mosque Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, UEA. Terdapat empat menara menjulang tinggi yang dibangun di masjid ini. Selain itu, terdapat juga sejumlah kubah yang dibuat sama seperti masjid aslinya di Abu Dhabi.  

4. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Photo :
  • Instagram @yuhalphotoart

Masjid Raya Sumatera Barat berada di Kota Padang, Sumatera Barat yang berhasil memenangi penghargaan masjid dengan desain arsitektur terbaik di dunia yang diberikan oleh Abdullatif Al Fozan Award (AFAMA), sebuah organisasi non profit yang mengamati dan berfokus pada desain atau karya khususnya arsitektur masjid di seluruh dunia. 

Hal menarik dari Masjid Raya Sumatera Barat ini adalah  tidak adanya kubah di atas masjid. Kubah yang biasanya menjadi ikon sebuah masjid digantikan dengan berbentuk segi empat yang tiap-tiap sudutnya menjulang tinggi seperti atap Rumah Gadang dari Sumatera Barat. Terdapat juga corak ukiran khas Minangkabau pada dinding-dinding masjid sebagai unsur budaya khas Minang yang dimasukkan. 

5. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh.

Photo :
  • U-Report

Masjid Raya Baiturrahman ini terletak di pusat Kota Banda Aceh, Aceh. Masjid ini menjadi salah satu masjid terindah dan megah di Indonesia yang memiliki arsitektur khas Aceh dan juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen yang sangat indah. 

Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Photo :
  • http://khoirulamriani.blogspot.com

Selanjutnya ada Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Kota Semarang dan juga merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini memiliki lima kubah besar dan juga menara yang tinggi. Arsitektur masjid ini menggabungkan unsur-unsur dari budaya Jawa dan Islam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya