7 Manfaat Bersedekah di Bulan Ramadhan

Ilustrasi berbagidengan sesama.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Pada bulan Ramadhan yang penuh dengan berkah ini, selain menjalankan puasa, umat Muslim juga dianjurkan untuk berbagi atau bersedekah. Bersedekah sendiri dapat bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari berbagi makanan dan minuman hingga uang bagi mereka yang membutuhkan. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Berbagi memiliki manfaat yang sangat besar di bulan puasa, baik bagi orang yang berpuasa maupun orang yang tidak berpuasa. Berikut ini beberapa manfaat bersedekah di bulan puasa. 

1. Membantu sesama yang membutuhkan

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Bersedekah di bulan ramadan.

Photo :
  • U-Report

Saat bulan puasa, kita dapat lebih memahami rasa lapar dan haus yang dirasakan oleh orang-orang yang kurang beruntung. Dengan berbagi makanan dan minuman atau uang dengan orang yang membutuhkan bisa membantu mengurangi penderitaan mereka.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

2. Mendapatkan pahala

Ilustrasi bersedekah.

Photo :
  • U-Report

Berbagi adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam bulan puasa, pahala dari berbagi justru akan semakin besar. Hal ini lah yang juga bisa menjadi motivasi untuk umat Muslim berbuat kebaikan.

3. Meningkatkan ukhuwah

Ilustrasi bersedekah.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya, berbagi dalam bulan puasa juga bisa membantu meningkatkan rasa persaudaraan dan ukhuwah antar sesama muslim. Kita bisa merasakan kebersamaan dalam membagikan makanan sahur atau berbuka bersama.

4. Menjaga kesehatan

Berbagi makanan

Photo :
  • U-Report

Manfaat berbagi terhadap sesama di bulan puasa seperti makanan sehat dan bergizi dengan orang lain bisa membantu menjaga kesehatan mereka. Hal ini juga bisa memotivasi kita untuk memilih makanan yang sehat dan bergizi.

5. Mengurangi pemborosan

Ilustrasi bersedekah.

Photo :
  • U-Report

Saat bulan puasa, kita lebih memperhatikan pengeluaran dan berusaha untuk menghemat. Berbagi makanan bisa membantu mengurangi pemborosan, karena kita bisa membagikan makanan yang kelebihan misalnya. 

6. Memperkuat ikatan keluarga

Sedekah

Photo :
  • U-Report

Tak hanya kepada orang yang mebutuhkan, berbagi juga bisa dilakukan dengan keluarga sendiri. Berbagi makanan dengan keluarga bisa membantu memperkuat ikatan keluarga. Kita bisa saling membantu dalam menyiapkan makanan sahur atau berbuka bersama.

7. Memberikan inspirasi

Ilustrasi berbagidengan sesama.

Photo :
  • U-Report

Tindakan berbagi bisa memberikan inspirasi kepada orang lain untuk berbuat kebaikan. Hal ini bisa membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan penuh kebaikan.

Kesimpulannya, berbagi memiliki manfaat yang sangat besar di bulan puasa. Selain memberikan manfaat bagi orang yang berpuasa, berbagi juga bisa membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik dan penuh kebaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya