6 Trik Ampuh Cegah Hawa Nafsu Seksual Saat Puasa Ramadhan

Ilustrasi puasa
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle  – Bukan hanya soal makanan, menjalankan puasa juga berarti melatih diri untuk menahan nafsu dalam bentuk lain. Untuk sebagian orang, menahan nafsu seksual saat bulan puasa bahkan mungkin lebih sulit dibandingkan dengan menahan lapar. Sehingga beberapa cara menahan nafsu di bawah ini bisa dicoba supaya puasa yang dijalankan bisa selesai sampai berbuka. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebetulnya bila dilihat, cara menahan nafsu di bawah ini tidak sulit dilakukan. Namun, butuh metode yang terlalu khusus atau sulit untuk menjalankannya. Satu hal yang harus dipenuhi hanyalah niat dan keinginan yang kuat. Nah, berikut ulasan selengkapnya soal cara menahan nafsu seksual saat menjalankan puasa Ramadan seperti dilansir dari berbagai sumber. 

1. Fokus pada ibadah

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Umat muslim sedang mengisi waktu selama ibadah puasa saat bulan Ramadan.

Photo :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

Nafsu seksual bisa muncul ketika kamu memikirkan hal yang menyerempet atau berhubungan dengan topik tersebut. Sehingga sebaiknya kamu lebih fokus dan memanfaatkan waktu luang untuk memperdalam pengetahuan agama, membaca Al-Quran, berdoa, atau melakukan aktivitas keagamaan lainnya.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

2. Olahraga

Ilustrasi Olahraga

Photo :
  • Canva

Cara menahan nafsu seksual berikutnya adalah dengan mengalihkan energi untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, atau yoga. Selain dapat mengurangi stres, olahraga juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari nafsu seksual.

3. Menjaga komunikasi yang baik dengan keluarga dan teman

Ilustrasi berbuka puasa.

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara yang sederhana tapi mungkin sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang adalah menghindari hal-hal yang bisa memicu timbulnya nafsu. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan berbicara atau mengobrol bersama keluarga atau teman untuk mempererat hubungan dan mengalihkan perhatian dari nafsu seksual.

4. Membaca buku

Ilustrasi membaca buku.

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membaca sesuatu dan menghindari pemicu datangnya hawa nafsu. Kamu juga harus menghindari objek, latar, atau sosok tertentu yang membangkitkan hasrat seksual. Cobalah untuk membaca buku atau novel yang menarik perhatian kamu dan dapat mengalihkan perhatian dari nafsu seksual. 

5. Mengikuti kegiatan positif

Ilustrasi berbuka puasa.

Photo :
  • U-Report

Pilihlah kegiatan sehari-hari yang sederhana tapi memerlukan fokus yang tinggi, misalnya mengerjakan kuis yang membutuhkan pemikiran atau menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Kamu juga bisa bergabung dengan kelompok atau organisasi yang memiliki kegiatan positif seperti kegiatan sosial, pendidikan, atau lingkungan.

6. Mengambil waktu istirahat dan tidur yang cukup

Ilustrasi usai tidur nyenyak

Photo :
  • Dokumentasi

Selama bulan Ramadan tidak sedikit orang yang merasa jadwal tidurnya buruk. Hal ini harus dihindari, karena tidur malam lebih awal akan membantu kamu untuk bangun pagi dan beraktivitas. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat memicu nafsu seksual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya