5 Manfaat Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

Al-Quran
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Bulan Ramadhan dipenuhi dengan berkah sehingga sangat baik dijalani dengan kegiatan-kegiatan positif dan mengamalkan amalan-amalan baik. Salah satunya dengan membaca Al-Quran. Bahkan lebih baik lagi jika dapat mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadhan ini. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Al-Quran sendiri merupakan sebuah kitab suci dalam agama Islam yang dipercayai Muslim sebagai firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat sejumlah manfaat membaca Al-Quran yang harus kamu ketahui. Lantas, apa saja manfaat membaca Al-Quran di bulan Ramadhan. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mendapatkan pahala yang besar

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Al-Quran Berbahasa Jawa

Photo :
  • Fajar Sodiq | Solo

Tentu sudah banyak yang tahu bahwa manfaat membaca Al-Quran di bulan Ramadhan memiliki nilai pahala yang lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini karena pada bulan Ramadhan, pahala dari segala amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

2. Mendapatkan keberkahan

Ilustrasi Alquran

Photo :
  • U-Report

Selain mendapatkan pahala besar, membaca Al-Quran di bulan Ramadhan juga dapat bermanfaat memberikan keberkahan dalam kehidupan. Seperti diketahui, Al-Quran adalah sumber petunjuk bagi kehidupan manusia, dan membacanya secara rutin di bulan Ramadhan dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seseorang.

3. Menjaga diri dari perbuatan dosa

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Manfaat lain dari membaca Al-Quran di bulan Ramadhan adalah dapat membantu seseorang untuk menjaga diri dari perbuatan dosa. Al-Quran sendiri memang mengandung banyak pelajaran tentang kebaikan dan keburukan, sehingga membacanya secara rutin dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih baik dan menghindari perbuatan dosa.

4. Meningkatkan pemahaman tentang agama

Ilustrasi Alquran

Photo :
  • U-Report

Dengan membaca Al-Quran juga dapat membantu seseorang meningkatkan pemahaman tentang agama. Hal itu karena Al-Quran mengandung banyak pelajaran tentang Islam, sehingga membacanya secara rutin dapat membantu untuk memahami lebih banyak tentang ajaran Islam.

5. Memperkuat hubungan dengan Allah SWT

Ilustrasi penghafal Alquran.

Photo :
  • U-Report

Satu lagi manfaat Mmmbaca Al-Quran di bulan Ramadhan yakni dapat membantu seseorang untuk memperkuat hubungannya dengan Allah SWT. Sebagai firman Allah SWT, Al-Quran bermanfaat dapat membantu seseorang untuk merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan keimanan dan ketakwaannya jika dibaca di bulan Ramadhan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya