Mengapa dalam Islam Banyak Larangan, Ini Penjelasan Habib Jafar

Habib Jafar
Sumber :
  • YouTube: The Leonardo's

VIVA Lifestyle – Pada suasana bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah kali ini, podcast #CloseTheDoor di jejaring media sosial YouTube mencuat menjadi perbincangan dengan menghadirkan perbincangan bertema spiritual yang diulas oleh host Onadio dan juga Habib Jafar yang membahas sejumlah hal terkait hal-hal seputar kehidupan seorang Muslim.

Takut Alquran, Mantan Artis Cilik Ini Akhirnya Putuskan Mualaf

Pada podcast bertajuk #LogIndiCloseTheDoor episode 10 tersebut, mengambil tema yang berjudul ISLAM KEBANYAKAN GAK BOLEHNYA” dan ditujukan guna memberikan pencerahan beberapa hal terkait kehidupan dalam Islam dari sudut pandang mereka di luar Muslim. 

Diskusi pun semakin seru tatkala Onad menanyakan suatu hal kepada Habib Jafar. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Di Festival Islam Kepulauan di Belanda, Kemenag Kupas soal Penghulu Era Modern

Habib Husein Jafar dan Onadio Leonardo

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Hal itu tak lain terkait mengapa dalam Islam banyak sekali aturan atau larangan yang tidak membolehkan umat Muslim terhadap berbagai perilaku seperti berjudi, berzina, minuman keras, membuat tato dan lain sebagainya.

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

“Karena banyak orang, atau sebagian orang Muslim tapi dia tidak menjalankan Islam dengan baik,” ungkap Habib Jafar.

“Itu diatur tuh Bib dalam Islam?” sahut Onad.

“Iya, dalam Islam itu kita kan didorong bukan hanya menjalankan ibadah secara ritual, tapi ibadah itu lu harus sampai kepada poin utamanya, yaitu bernilai sosial, intelektual dan spiritual,” jelas Habib Jafar.

“Kayak solat, kalo sekedar lu melakukan ritualnya, di AlQuran itu dikatakan ‘maka celakalah orang yang solat’ (QS Al-Ma’un: 4),”

“Artinya orang udah solat, tapi kalo solat gak bener, gak sampai kepada nilai yang Tuhan inginkan dari orang-orang yang solat, itu malah disebut sebagai solatnya kecelakaan,” ujar Habib Jafar.

“Karena esensi solat nya itu gak dapet, cuma ritualnya aja,” ucap Onadio.

Lebih jauh dari itu, Habib Jafar pun lanjut menerangkan tentang sebab mengapa dalam Islam begitu banyak aturan dan juga larangan usai Onad menanyakan hal tersebut.

“Karena awam yaa, karena emang gak tau, kok saya sebagai orang yang non-Muslim ya bib itu kita melihat kayak kok di Islam itu banyak banget larangan yaa? terutama yang enak-enak,” tanya Onad.

“Kalo di Islam itu kan saklek ya, gak boleh?” sambung Onad.

“Ya, gak boleh.. sebagian yang tidak diperbolehkan itu tadi gak bolehnya (tertulis) di Al-Quran,” jelas Habib Jafar.

“Pada akhirnya agama itu akan jadi pilihan, untuk menentukan setelah lu mengembara mempelajari semua agama sebaik-baiknya dan menentukan pilihan,” tegas Habib Jafar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya