Gladi Posko Keberangkatan Haji, Petugas Siapkan Diri Hadapi Ragam Keluhan Jamaah

Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi 1444 H
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA Lifestyle – Bimbingan Teknis (Bimtek) Terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Arab Saudi 1444 H / 2023 menggelar Gladi Posko (Kedatangan dan Keberangkatan Gelombang 1 dan 2), Sabtu, 15 Mei 2023 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Gladi Posko ini digelar untuk melatih para petugas haji mempersiapkan diri menghadapi aneka kasus yang bakal terjadi ketika jamaah haji kloter satu dan dua mulai diberangkatkan ke Arab Saudi.

Simulasi dimulai dari kedatangan para jamaah di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinnah, Arab Saudi. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Saudia Airlines Angkut 106 Ribu Jemaah Haji Indonesia 2024

Beragam kasus dimainkan mulai dari jamaah mencari tasnya yang tertinggal dan hilang, jamaah sibuk mencari toilet, jamaah sesak napas, kehilangan istri, hingga pingsan dan stres saat tiba di bandara Arab Saudi.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

"Simulasi dibuat mendekati suasana di Saudi dengan tujuan mendekatkan para petugas dengan kondisi lapangan yang akan dihadapi,",” ungkap Direktur Bina Haji, Arsyad Hidayat.

Petugas sudah banyak mengetahui bagaimana pelayanan pada daerah kerja (daker), sudah terlihat dinamika kelompoknya, antar sesama anggota sektor, dan dinamika antar sektor. Ini menjadi miniatur pelayanan haji,,” jelasnya.

Saat Gladi Posko, Seluruh Daerah Kerja (Daker), baik Daker Bandara, Daker Mekkah dan Daker Madinah dikerahkan agar siap menghadapi beragam kasus yang terjadi saat tiba di Arab Saudi.

Seperti diketahui, kloter 1 jamaah haji dijadwalkan akan berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji pada 24 Mei 2023.

Sebelum diterbangkan ke Arab Saudi, pada 23 Mei 2023, jamaah akan menginap terlebih dahulu di Asrama Haji lalu kemudian diterbangkan ke Arab Saudi dan Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara AMMA, Madinah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya