Maskapai Penerbangan Internasional Ini Bertekad Tanam 3000 Pohon Bakau di Indonesia

Penanaman pohon bakau.
Sumber :
  • Cathay Pacific.

VIVA Lifestyle – Hutan bakau memiliki peranan penting dalam lingkungan. Baik dari segi ekologi di mana hutan bakau memiliki penting sebagai habitat hewan laut, pelindung garis pantai, serta menjadi penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen. 

Satu Motor dan Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Depok

Banyak orang dan komunitas bergantung pada ekosistem hutan bakau sebagai sumber makanan, perlindungan dan pendapatan mereka. Oleh karena itu, sudah sepatutnya hutan bakau dilestarikan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya. 

Turut membantu melestarikan hutan bakau, maskapai penerbangan internasional Cathay Pacific berkomitmen akan menanam 3000 pohon bakau di Indonesia sebagai bagian rencana penanaman 20 ribu pohon bakau di Asia Tenggara. 

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Cathay Pacific untuk menanam 1 pohon untuk setiap pembelian 1 tiket penerbangan di kawasan Asia Tenggara selama periode kampanye 1 Ticket, 1 Tree yang diadakan selama November 2022.

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Cathay Pacific sendiri bekerjasama dengan masyarakat dan komunitas setempat dalam proses penanaman pohon, dengan tujuan untuk membantu komunitas lokal dalam usaha restorasi habitat lokal, serta mendorong ketahanan terhadap perubahan iklim. Maskapai ini berkomitmen menanamkan pohon untuk setiap pembelian tiket yang dilakukan di Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Singapura. 

Cathay Pacific telah menanam 600 pohon bakau di Indonesia pada tahun 2021, sebagai bagian dari kampanye Join For Trees. Tahun ini, sekitar 30 relawan yang terdiri dari karyawan Cathay Pacific, trade agen, dan relawan Sebumi berkumpul di Taman Wisata Alam, Pantai Indah Kapuk, untuk memulai penanaman 3.000 pohon bakau di Teluk Jakarta yang dilakukan dari kampanye 1 Ticket, 1 Tree di tahun 2022.

Matthew Choi, Country Manager Cathay Pacific untuk Indonesia, mengaku sangat senang dapat melanjutkan penanaman pohon bakau di Indonesia untuk mendukung masyarakat lokal, memulihkan habitat lokal, dan mendorong ketahanan iklim. 

"Kami berharap upaya ini akan memicu lebih banyak perbincangan tentang keberlanjutan dan menginspirasi lebih banyak orang untuk bersama-sama melakukan bagian mereka bagi lingkungan," ujar Matthew dalam keterangannya, dikutip Sabtu 6 Mei 2023. 

Dalam proses restorasi hutan bakau ini, Cathay Pacific bekerjasama dengan organisasi lokal Sebumi. Sebumi merupakan organisasi yang berfokus untuk mengedukasi, menjalankan, serta beradaptasi, dengan tujuan untuk mewujudkan gaya hidup berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.

Selama 4 tahun, Sebumi membantu memproteksi area konservasi seluas 8.273 Ha, menanam 1.057 bakau dan 590 coral, mengoffset 1.089 ton karbon, mengedukasi lebih dari 20.000 orang di urban dan rural serta mengembangkan 7 komunitas di sekitar area konservasi yang tersebar di Indonesia.

Fouunder Sebumi, Iben Yuzenho, turut mengapresiasi kegiatan penanaman 3000 bakau yang dilakukan di Teluk Jakarta sebagai bentuk nyata dari industri penerbangan dalam usaha membantu masyarakat lokal dalam membangun ketahanan iklim. 

"Kami berharap inisiatif 1 ticket 1 tree ini juga dapat menambah kesadaran wisatawan untuk mengambil pilihan aktivitas perjalanan yang lebih bertanggungjawab dan berdampak positif bagi bumi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya