8 Hutan Paling Angker di Pulau Jawa, Ada Pasar Setan Hingga Kerajaan Jin

Tersesat di gunung Lawu.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Beberapa hutan paling angker di Pulau Jawa mungkin belum diketahui sebelumnya. Hutan sendiri dikenal sebagai jantung kehidupan seluruh makhluk di dunia. Namun, di balik hal itu, tersimpan kisah mistis yang mengerikan hingga muncul cerita-cerita mistis di masyarakat. 

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Apalagi Pulau Jawa terkenal dengan adat dan budaya yang begitu kental. Salah satu cerita yang paling terkenal di Pulau Jawa adalah mengenai kerajaan gaib terbesar di hutan belantara. Nah, untuk kamu yang penasaran berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum VIVA. 

1. Alas Purwo

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Alas Purwo.

Photo :
  • U-Report

Hutan Alas Purwo memang dikenal dengan keangkerannya karena menyimpan banyak misteri. Hutan paling angker di Pulau Jawa itu berada di ujung timur Jawa tepatnya di Kabupaten Banyuwangi. Fungsi utama hutan tersebut adalah untuk hutan lindung dan beberapa spesies. 

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Tapi, di balik semua itu, Alas Purwo menyimpan misteri dan kisah mistis yang menyelimuti hutan tersebut. Konon katanya, Alas Purwo itu tempat berdirinya kerajaan jin terbesar di Jawa. Salah satu sosok terkenalnya bernama Gayatri yang berbentuk hantu perempuan. 

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu.

Photo :
  • U-Report

Gunung yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur itu memiliki misteri yang sudah menjadi rahasia umum di kalangan pendaki. Cerita mistis yang ada di hutan paling angker di Pulau Jawa itu merupakan pasar setan

Pasar setan ini berada di dekat Hargo Dalem, salah satu puncak yang berada di Gunung Lawu. Seperti namanya, pasar setan tersebut tentu tidak kasat mata. Hanya orang-orang yang mempunyai kemampuan tertentu yang bisa melihat dan mendengar pasar ini. 

3. Goa Jepang dan Belanda

Goa Belanda Jepang di Dago Pakar, Bandung

Photo :
  • Antara/ Lucky R

Goa Jepang dan Goa Belanda ini adalah salah satu dari beberapa tempat angker di Jawa Barat. Sejatinya, kedua goa itu berada di kompleks Taman Hutan Raya Juanda. Jumlah wisatawan yang datang ke tempat ini cukup banyak dan merasakan keangkerannya. 

Awalnya, goa ini dipakai sebagai gudang senjata, tapi dipakai sebagai lokasi pembantaian masyarakat pribumi. Sebab itu, goa tersebut diklaim angker hingga kini. Konon katanya, wisatawan dilarang untuk mengucapkan kata “lada” saat berada di goa tersebut. 

4. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Photo :
  • U-Report

Hutan paling angker di Pulau Jawa selanjutnya berada di Gunung Ciremai. Banyak para pendaki yang menyebut bahwa gunung satu ini sangat angker. Biasanya mereka bakal mendengarkan suara gamelan atau muncul penampakan Nyi Linggi serta dua ekor macan. 

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon.

Photo :
  • U-Report

Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Banten juga menyimpan cerita mistis yang mencekam. Cerita ini adalah soal sosok harimau gaib dengan ukuran besar. Sosok tersebut diketahui mempunyai sebutan Abah Gede yang menjadi penjaga gaib. 

6. Gunung Gede Pangrango

Situ Gunung, destinasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Photo :
  • DH Saragih

Gunung Gede Pangrango ini berada di Sukabumi, Jawa Barat dan masuk ke dalam daftar hutan paling angker di Pulau Jawa. Bukan tanpa alasan, di sana kerap terjadi hal-hal di luar nalar. Bahkan sempat ada cerita seorang pendaki yang diikuti jin hitam sangat besar. 

7. Gunung Raung

Gunung Raung

Photo :
  • U-Report

Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu daerah penyumbang dalam hutan paling angker di Pulau Jawa. Selain mempunyai Alas Purwo, Banyuwangi juga mempunyai gunung Raung yang dikenal dengan kisah Pondok Demit atau Pasar Setan yang mengerikan. 

8. Hutan Nusa Kambangan

Petugas gabungan menyisir lokasi tenggelamnya kapal Pengayoman IV di perairan Pulau Nusakambangan (Segara Anakan), Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat, 17 September 2021.

Photo :
  • ANTARA/Sumarwoto

Lapas yang terletak di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah itu dikenal sebagai penjara dengan tingkat keamanan yang tinggi. Pulau yang menampung beberapa penjahat kelas kakap itu memiliki sejumlah cerita mistis, terlebih lapas tersebut dikepung dengan hutan lebat yang misterius. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya