Drama Musikal Hayati Tampil Perdana di Qatar Indonesia 2023 Year of Culture

Drama musikal HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Indonesia terpilih menjadi mitra Qatar Years of Culture 2023 atau Tahun Kebudayaan Qatar dan jadi negara pertama di Asia Tenggara yang berkesempatan untuk melakukan pertukaran budaya dengan negara tersebut.

Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Dalam Qatar Indonesia Years of Culture 2023 itu ditampilkan pertunjukan musikal yang bertajuk HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta yang digelar perdana di Katara Opera House Doha, Qatar pada Senin, 22 Mei 2023 malam waktu setempat. 

Drama musikal HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta

Photo :
  • Istimewa
Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Pagelaran musikal HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta terinspirasi dari Cerita Panji, satu dari cerita epos karya sastra kuno Indonesia yang sudah mendapat penghargaan warisan tak benda dari UNESCO dan termasuk dalam Daftar Warisan Ingatan Dunia UNESCO 2017. Musikal tersebut adalah sebuah karya yang disutradarai oleh Rama Soeprapto. 

Karya tersebut digelar secara perdana dunia pada 22 Mei 2023 untuk undangan VIP di Katara Opera House, Doha, Qatar dan akan dibuka untuk umum pada 23-24 Mei 2023 dalam program tukar budaya Qatar Indonesia 2023 Year of Culture. 

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

HAYATI yang terinspirasi dari manuskrip Jawa Kuno mengenai arti dan tujuan hidup; nilai hakiki manusia etika dan moral dari pemikiran Mangkunegara IV yang ditulis dalam serat Wedhatama (1809); nilai nilai agama Islam dan doa dari Sunan Kalijaga serta budaya Jawa menyajikan kisah cinta dan pencarian jati diri antara Panji dan Sekartaji. 

Tembang dan doa pun dilantunkan serta dipadupadankan dengan musik, topeng dan juga tarian tradisional Jawa yang juga ada sentuhan Bali. Pelakon ternama Indonesia seperti Achmad Dipoyono dan Kadek Dewi Aryani menjadi bintang dalam drama musikal ini sebagai tokoh Panji dan Sekartaji yang tata busananya didesain khusus oleh Era Soekamto sebagai desainer batik ternama. 

Pagelaran HAYATI secara perdana di panggung internasional di Katara Opera House Doha dalam rangkaian Qatar Indonesia 2023 Year of Culture itu sendiri diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia. Kegiatan tersebut sebagai bagian dari gelar pertukaran budaya selama tahun 2023.

Drama musikal HAYATI: Cerita Panji Mencari Hakikat Cinta

Photo :
  • Istimewa

Dikatakan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid bahwa,  "Pertunjukan HAYATI di Doha adalah salah satu kesempatan untuk semakin memperkenalkan Kisah Panji yang manuskripnya telah terdaftar dalam Daftar Warisan Ingatan Dunia (UNESCO Memory of the World) sejak tahun 2017 sebagai suatu karya literatur yang memberikan pengaruh signifikan pada peradaban di Indonesia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara,” katanya dalam konferensi pers daring pada Senin, 22 ei 2023. 

Hilmar lebih lanjut menambahkan bahwa tema Bhinneka dari kalimat Bhinneka Tunggal Ika yang diambil dari kitab kuno zaman Majapahit Sutasoma menggambarkan kedamaian di antara perbedaan yang ada di masyarakat Majapahit menjadi konsep pelaksanaan Qatar Indonesia 2023 Year of Culture. Persamaan dan perbedaan Qatar dan Indonesia menjadi konteks utama selebrasi budaya di tahun 2023 ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya