5 Negara Terbesar di Dunia Menurut Luas Wilayah, Indonesia Urutan Berapa?

Moskow, Rusia
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Ada banyak sekali negara yang tersebar di planet yang satu ini dan semuanya mempunyai luas wilayah yang sangat bervariasi. Ada negara dengan luas wilayah hanya 1 kilometer persegi dan bahkan ada juga negara dengan luas mencapai jutaan kilometer persegi. 

Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

Melansir Wisevoter, ada 5 negara dengan total luas wilayah terbesar di dunia. Menariknya, sepuluh negara itu sudah mencakup 55 persen dari luas daratan yang ada di dunia. Negara Rusia mengambil sekitar 11 persen dari total luas dunia. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Rusia

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

Red Square, Moskow.

Photo :
  • U-Report

Rusia adalah negara terbesar di dunia dengan perkiraan luas daratan 17.098.242 km² dan negara terpadat di Eropa. Ini adalah negara lintas benua yang membentang dari Eropa Timur ke Asia Utara, berbatasan dengan 14 negara. 

Rusia Tiba-tiba Pindahkan Rudal Supersoniknya ke Timur Tengah, Bantu Iran?

Bukan hanya tempat tinggal manusia, Russia juga menjadi rumah bagi lebih dari 125.000 spesies hewan yang berbeda. Hal ini karena bentang alam negara tersebut, yang meliputi hutan tundra, arktik, dan semi-gurun, taiga, subtropis, dan lainnya.

2. Kanada

Toronto, Kanada.

Photo :
  • Pixabay

Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia dan negara terbesar di Amerika Utara. Luas totalnya adalah 9,98467 juta kilometer persegi. Kanada berbatasan dengan tiga samudra: Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Arktik. 

Di darat, Kanada hanya berbatasan dengan Amerika Serikat saja. Namun, jangan meragukan Kanada karena keanekaragaman hayati negara ini sangat kaya yang mencakup lebih dari 200 spesies mamalia, termasuk kelelawar, beruang grizzly, dan rusa besar.

Shanghai, China.

Photo :
  • Pixabay/steven_yu

China merupakan negara dengan populasi terpadat di dunia dengan penduduk lebih dari empat miliar dan jumlah perbatasan darat terbesar. Namun, China menempati urutan ketiga sebagai negara terbesar di dunia. 

Luasnya sekitar 9.706.961 kilometer persegi dan memiliki lima zona waktu. Diketahui bahwa terdapat lebih dari 7.500 spesies hewan di China, termasuk panda raksasa yang menjadi hewan endemik di negara-negara Asia.

4. Amerika Serikat

Kota New York, AS.

Photo :
  • NDTV

Amerika Serikat adalah negara terpadat di Amerika Utara, dengan lebih dari 300 juta orang di 50 negara bagiannya. Luasnya 9,37261 juta kilometer persegi, terhitung sekitar dua pertiga dari benua Afrika. Benua Amerika, dengan lanskap dan iklimnya yang beragam, adalah rumah bagi lebih dari 2.900 spesies hewan asli. 

Patung Kristus Sang Penebus di Brazil

Photo :
  • pixabay

Brasil adalah negara terpadat di Amerika Selatan dan negara terbesar kelima di dunia, dengan luas daratan 8.515.767 kilometer persegi. Ini mencakup hampir setengah dari benua Amerika Selatan, berbatasan dengan setiap negara kecuali Ekuador dan Chile.

Selain itu, Brasil juga memiliki lanskap yang beragam karena terdiri atas hutan, sabana, dan lahan basah. Setiap lanskap menyediakan rumah untuk berbagai hewan endemik. Brasil juga terkenal dengan sungai Amazon yang menjadi sungai terbesar di dunia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya