Ramai Netizen Hujat Artis di Video Syur, Ini Kata Buya Yahya Soal Zina dalam Islam

Penceramah Buya Yahya.
Sumber :
  • Istiewa

VIVA Lifestyle – Video syur yang diduga mirip Rebecca Klopper berdurasi 47 detik ramai dibicarakan netizen di media sosial, bahkan tak sedikit yang menghujatnya. Pendakwah Buya Yahya pun memberikan komentar atas kasus berhubungan intim di luar nikah atau zina dalam agama Islam. Apa jawabannya?

dr Boyke Ngaku Diperlihatkan Mr P Punya Artis Usai Dipijat Jadi Besar, Ternyata Palsu

Dalam unggahannya di Instagram, Buya Yahya menampilkan video terkait hukum zina dalam Islam. Rupanya, zina dalam Islam sendiri merupakan aib yang tak boleh diumbar atau pun ditanyakan kepada orang lain karena itu termasuk kejahatan. Scroll untuk tahu informasi selengkapnya.

"Kejahatan yang paling jahat, jangan pernah tanyakan ini kepada orang lain," tulis keterangan video itu, dikutip VIVA, Senin 29 Mei 2023.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Buya Yahya memberikan jawaban mengenai kasus zina di masa kini dengan cara Nabi Muhammad SAW menangani di masanya dulu. Buya Yahya menyebut bahwa saat itu seorang datang ke Nabi Muhammad SAW dan mengaku sudah melakukan zina. Orang itu justru memohon ampun dan bersedia dihukum atas kesalahannya.

Terungkap Kelakuan Ayu Dewi di Rumah, Ternyata Aslinya Begini

"Di saat ada orang datang kepada baginda nabi Muhammad, 'Ya Rasulullah, aku kepleset, aku telah zina. Sucikan kami'. Minta dihukum oleh Rasulullah. Minta dipukul, minta dirajam dia. Minta dihukum, ngadu ke nabi," tutur Buya Yahya.

Di momen itu, Nabi Muhammad SAW justru berupaya menutupi aibnya agar kasus zina tidak menyebar luas dan diketahui banyak orang. Bahkan, zina yang dilakukan seseorang adalah aib dari keluarga yang patut ditutupi. Hal ini membuat Nabi memberikan edukasi dalam cara menutupi aib.

"Dengan pengakuannya, nabi tidak langsung nerima. Karena nabi memberi pendidikan. Ini aib dalam dirimu. Aib keluargamu, tutupi!" kata Buya Yahya.

Nabi Muhammad pertama kali merespons dengan menyebut bahwa kesalahan orang itu mungkin tidak sampai zina berhubungan intim. Hal itu sebenarnya sebagai upaya Nabi menutupi aib. Namun, orang tersebut terlalu takut akan dosanya sehingga kembali mengungkap perbuatannya.

"Nabi hanya mengatakan, mungkin kamu hanya bersentuhan saja. Rupanya orang ini saking takutnya hukum Allah, 'tidak rasulullah, aku melakukannya'," bebernya.

Rebecca Klopper

Photo :
  • Instagram @rklopperr

"Ditambah oleh Nabi, 'mungkin kamu hanya sekedar mencium'. 'Tidak ya Rasulullah, aku mau melakukannya'. Sudah mau nabi tutupi, masih saja dia. 'Mungkin tidak sampai masuk, hanya di antara dua pahanya'. 'Tidak ya rasul, aku melakukannya'," kata Buya Yahya.

Hingga empat kali Nabi Muhammad SAW mencoba menutupi aib orang tersebut yang justru membuat aibnya semakin terbuka. Hingga kali keempat, Nabi Muhammad memberikan hukuman sebagaimana mestinya seseorang yang telah zina dalam Islam.

"Sudah 4. Sudah ini, akhirnya baru ditegakkan hukum oleh Nabi. Jadi urusan perzinaan hendaknya ditutup. Maka termasuk kejahatan yang jahat adalah jika orang berkata, kamu pernah zina ya?" terangnya.

Buya Yahya pun memberi kesimpulan bahwa pada dasarnya Allah SWT selalu menutupi aib yang dilakukan seseorang. Kendati begitu, seringkali aib itu justru dibuka sendiri di hadapan publik dan membuatnya harus mendapat hukuman setimpal.

"Kalau orang pernah berzina, dianjurkan bertobat menyembuhkan kisahnya. Selesai," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya