Tips Belanja Sayur dan Buah Fresh di Supermarket , Nomor 4 Sering Diabaikan

Ilustrasi belanja/supermarket.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA Showbiz – Tren belanja online di seluruh dunia menjadi sangat populer di era pandemi, tanpa terkecuali di Indonesia. Kala itu, selain aspek kenyamanan, masyarakat menilai metode ini merupakan cara belanja teraman.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Namun, seiring dengan berakhirnya COVID-19 sebagai darurat kesehatan global yang diumumkan WHO, masyarakat mulai percaya diri untuk kembali berinteraksi secara fisik dan tren belanja offline pun kembali meningkat sebagai kebiasaan banyak pelanggan.

Hal ini diperkuat dengan data dari Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO) 2022 yang menyebutkan bahwa 60 persen masyarakat sudah mulai berbelanja secara offline, baik ke pasar modern maupun tradisional.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Belanja bahan makanan saat covid-19

Photo :
  • Pinkvilla

Sementara itu, 25 persen memilih untuk tetap berbelanja secara online, dan sisanya, 15 persen masyarakat memilih hybrid. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Berbicara mengenai berbelanja, supermarket menjadi salah satu destinasi yang essensial bagi masyarakat Tanah Air. Di tempat inilah mereka dapat memenuhi kebutuhan kesehariannya termasuk dalam berbelanja sayur dan buah. 

Lantas bagaimana memilih sayur dan buah yang fresh di supermaket? Berikut ini tipsnya melansir laman Food Safety First.

1. Cek buah atau sayuran

Jangan membeli sayur atau buah yang rusak. Sebab sayuran yang rusak menjadi sarang atau tempat yang bagus bagi bakteri untuk bersembunyi.

Selain itu, jika buah sudah matang, coba beri sentuhan sedikit di area buah. Buah-buahan seperti pir, pisang, dan alpukat, terus melunak setelah dipetik jika dibiarkan pada suhu kamar.

Ilustrasi belanja/supermarket.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

2. Cium buah sebelum dibeli

Aroma yang lebih manis menunjukkan kematangan buah. Selain itu pilih buah yang lebih kecil karena biasanya lebih manis.

3. Warna buah

Pilih beragam produk berwarna-warni. Buah dan sayuran berwarna berbeda mengandung fitokimia berbeda yang memiliki manfaat nutrisi berbeda.

4. Ambil buah dan sayur di tempat chiller

Saat membeli buah dan sayuran potong segar pilih barang yang didinginkan atau dikelilingi es. Buah atau sayuran yang telah dibelah dua atau dibuka dengan cara tertentu harus disimpan dan dipajang di lingkungan yang dingin.

Berbicara mengenai supermarket, Rambla Super Departemen Store hadir di Mall Kelapa Gading 1. Uniknya tempat ini menghadirkan berbagai produk mulai dari makanan, minuman hingga kebutuhan rumah tangga sehari-hari dalam katagori groceries. 

Selain itu, tempat ini juga tersedia area Coffee Corner yang menyediakan produk biji kopi dari 46 varian single origin kopi nusantara. Rambla juga mempunyai sub-brand Bunny&Klin yang menjual produk koleksi unik dari aksesoris fashion, mainan hingga pernak-pernik home & living yang hanya ada di Rambla.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya