Perjalanan Darmiah, Jemaah Haji Tunanetra Sampai di Madinah 

Darmiah Muhammad Amin
Sumber :
  • VIVA / Lutfi Dwi

VIVA Lifestyle – Hingga hari ke-9, Kamis 1 Juni 2023, kedatangan jemaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi mencapai  51.014 jemaah. Jumlah tersebut berasal dari 134 kelompok terbang (kloter). 

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Yang menjadi sorotan, di antara  jemaah yang berangkat ke Tanah Suci,  satu di antaranya seorang tunanetra, Darmiah Muhammad Amin asal Aceh (BTJ) kloter 8. Scroll lebih lanjut ya.

Keluar dari pintu pemeriksaan imigrasi Darmiah tampak didorong dengan kursi roda.

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia

Tiba di  Bandara Ameer Mohammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah, pada Rabu, 31 Mei 2023, Darmiah yang berusia 67 tahun mengaku sudah lama tak bisa melihat.

5 Potret Cantik Rebecca Klopper Pakai Kerudung Syari di Tanah Suci

Diakuinya, buta yang dialaminya akibat glaukoma, dan sejak 6 bulan terakhir  Darmiah tak bisa lagi menatap indahnya dunia. Saat mendaftar haji 11 tahun lalu dia masih bisa melihat. 

"Sudah enam tahun. (Saat daftar haji) masih sehat, masih bisa melihat," ujarnya, Rabu, 31 Mei 2023 di Bandara AMAA Madinah. 

Ilustrasi ibadah haji.

Photo :
  • MCH 2023

Darmiah menceritakan perjalanannya dari Lhoksukon, Aceh Utara. Dia berangkat haji bersama suami dan adiknya. 

Selama penerbangan dari Aceh sampai Madinah, Darmiah merasa kondisinya sehat. Namun saat keluar dari pesawat, Darmiah terpisah dari keluarganya. Ia sempat mencari suami dan adiknya saat berada di luar terminal bandara. 

Meski terpisah dari keluarga, Darmiah tetap didampingi petugas hingga ia naik dan duduk di dalam bus yang akan mengantarnya ke hotel tempatnya menginap di Madinah. 

Saat berbincang, Darmiah mengungkapkan perasaan dan harapannya  setibanya di Madinah. "Semoga jadi haji mabrur, sehat badan," ujarnya lirih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya