5 Agama Terbesar di Dunia, Islam di Urutan Berapa?

Kota Suci Mekkah.
Sumber :
  • GoNews India

Jakarta - Ada sejumlah agama terbesar di dunia seperti halnya di Indonesia, ada beberapa agama tersebar seperti Islam, Kristen serta agama-agama lainnya.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Meskipun di Indonesia memiliki beragam agama, namun mereka bisa saling menghormati serta hidup berdampingan. Berikut beberapa agama terbesar di dunia, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Kristen

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Ilustrasi Gereja Katolik.

Photo :
  • AP Photo/Armando Franca.

Agama terbesar di dunia urutan pertama adalah Kristen dengan total pemeluknya yang mencapai 2,5 miliar orang. Agama ini mendominasi sekitar 33,5 persen populasi di muka bumi.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Agama Kristen lebih fokus pada ajaran Yesus Kristus sebagai pedoman kehidupan. Kini, agama Kristen sudah terbagi dalam kelompok dan denominasi. Tiga komunitas terbesarnya adalah Ortodoksi Timur, Katolik Roma, dan Protestan.

2. Islam

Sejumlah umat berswafoto dengan latar belakang Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

Agama Islam mendominasi kepercayaan penduduk di dunia yang mencapai 24,3% atau setara dengan 1,8 miliar pengikut, sehingga menjadikan kepercayaan ini sebagai agama terbesar di dunia urutan kedua.

Agama Islam didirikan oleh Nabi Muhammad SAW sekitar tahun 610 M, agama Islam diikuti oleh umat Muslim yang mempercayai Allah SWT, Muhammad sebagai Rasul Allah, Sunnah, dan Al Quran sebagai kitabnya.

3. Hindu

Prosesi ritual Melasti yang dilakukan oleh Umat Hindu Bali di Pantai Seminyak.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Maha Liarosh (Bali)

Untuk urutan ketiga ada agama Hindu dengan total populasi pengikut mencapai sekitar 15% dari penduduk di dunia atau setara 1,15 miliar orang. Pengikut agama ini didominasi berada di wilayah Asia Selatan terutama India dan Nepal.

Sementara untuk Indonesia, Bali adalah salah satu provinsi yang mayoritas masyarakatnya menganut Hindu. Agama ini juga menjadi kepercayaan yang tertua di dunia dan masih ada sampai saat ini.

4. Buddha

Biara Buddha di negara bagian Sikkem, India

Photo :
  • Sumber BBC

Agama Buddha memiliki pengikut sampai setengah miliar orang, sehingga menjadi salah satu agama terbesar di dunia yang menempati posisi keempat. Tahun 600 SM, Siddharta Gautama yang dikenal sebagai Sang Buddha mendirikan agama tersebut.

Menjadi agama Dharma yang sama seperti agama Hindu, ajaran dari agama ini berdasarkan pada kehidupan setelah kematian, karma, dan juga reinkarnasi. Kitab suci dari agama ini adalah Tripitaka yang memiliki arti Tiga Keranjang.

5. Sikhisme

The Spring Temple Buddha

Photo :
  • flickr

Agama terbesar di dunia ini dimulai dari India dan didasarkan kepada ajaran Guru Nanak dan Sepuluh Penerusnya. Secara historis, Sikh sudah memainkan peran utama dalam politik regional dan juga mempengaruhi selama pemisahan India tahun 1947. Sampai saat ini diperkirakan bahwa penganut kepercayaan ini mencapai 30 juta pengikut.

Kepercayaan yang satu ini pertama kali muncul di Punjab, India Utara sekitar tahun 1469. Esensi Sikhisme merupakan percaya kepada keesaan Tuhan. Agama ini juga meyakini bahwa Tuhan ada dalam setiap ciptaannya termasuk di dalam diri manusia. Bahkan, kepercayaan ini pernah masuk ke Indonesia sejak awal abad ke-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya