Mengenal 5 Rumah Adat Kalimantan Selatan, Memelihara Tradisi Budaya di Era Modern

Rumah Adat Suku Dayak: Rumah Betang
Sumber :
  • Istimewa

Kalimantan Selatan – Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan keberagaman budaya. Provinsi yang satu ini juga menyimpan ragam rumah adat yang mengandung makna sejarah dan kearifan lokal. 

Viral Pengguna JakLingko Berbaris Rapih di Jaktim, Netizen: Ini Indonesia?

Rumah adat di daerah ini mencerminkan cara hidup dan nilai-nilai budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa rumah adat khas Kalimantan Selatan yang masih mempertahankan keasliannya hingga kini.

1. Rumah Banjar

Pria Temukan Ular Berbisa di Dalam Sepatunya: Hampir Saja Mati!

Rumah Banjar Kalimantan Selatan

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Rumah Banjar atau sering disebut juga dengan Rumah Bubungan Tinggi adalah salah satu rumah adat yang paling terkenal di Kalimantan Selatan. Arsitektur rumah Banjar mencerminkan keunikan dan keanggunan budaya Banjar. 

Terus Gaungkan Kampanye Wonderful Indonesia, Sandiaga Uno Apresiasi Kreativitas Brand Lokal

Rumah ini memiliki bentuk atap yang menjulang tinggi, hampir setengah tinggi rumah, serta tiang-tiang yang kokoh untuk menopang struktur bangunannya. Rumah Banjar memiliki filosofi mendalam, menghubungkan dunia nyata dengan alam roh, serta mencerminkan kebersamaan dan kesatuan masyarakat Banjar.

2. Rumah Betang

Rumah Adat Suku Dayak: Rumah Betang

Photo :
  • Istimewa

Rumah Betang adalah rumah adat yang ditemukan di daerah suku Dayak. Ciri khas utama rumah ini adalah bentuknya yang panjang dan memanjang, menyerupai perahu terbalik. Rumah Betang biasanya dihuni oleh beberapa keluarga sekaligus. 

Rumah adat yang satu ini memiliki bagian tengah yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dan mengadakan upacara adat. Bahan utama pembuatan rumah Betang adalah kayu ulin yang sangat kokoh dan tahan lama.

3. Rumah Lanting

Rumah Lanting

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Rumah Lanting adalah rumah adat suku Banjar yang dibangun dengan cara berdiri di atas tonggak-tonggak kayu. Biasanya, rumah ini memiliki satu lantai dan berbentuk persegi panjang dengan beberapa kamar. Rumah ini memiliki fungsi sebagai tempat tinggal, tempat berkumpul keluarga, dan sebagai ruang gudang untuk menyimpan hasil pertanian atau barang berharga.

4. Rumah Adat Gajah Baliku

Rumah Adat Gajah Baliku

Photo :
  • Kemendikbud

Rumah Adat Gajah Baliku, juga dikenal sebagai Rumah Adat Loksado atau Rumah Adat Hantak, adalah salah satu rumah adat yang khas dari Kalimantan Selatan, Indonesia. Rumah adat ini memiliki ciri khas dan filosofi mendalam yang mencerminkan keindahan dan makna budaya masyarakat setempat. 

5. Rumah Adat Bubungan Tinggi

Rumah Adat Bubungan Tinggi

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Rumah Adat Bubungan Tinggi, juga dikenal sebagai Rumah Adat Kalimantan Selatan, adalah salah satu rumah adat yang sangat mencolok dan menggambarkan keindahan serta kekayaan budaya masyarakat setempat. Dikenal karena atapnya yang tinggi menjulang, rumah adat ini menjadi simbol kejayaan dan kebesaran peradaban Kalimantan Selatan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya